Hebat, Realisasi PKB KSB Lampaui Target

Sebarkan:

 

Taliwang, KA.

Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Kabupaten Sumbawa Barat diinformasikan sudah melampaui target yakni sebesar 103 persen. Persentase tersebut bahkan diatas dari target pendapatan yang ditetapkan pada Triwulan I tahun 2023 sebesar  Rp. 5.521.334.299. 

Atas perolehan itu Kabupaten Sumbawa Barat tercatat sebagai daerah yang mampu melebihi persentase target PKB dan melampaui 8 daerah lainnya di NTB. 

" Syukur Alhamdulillah, memang ada lonjakan yang cukup besar atas  realisasi pembayaran PKB di Triwulan I ini dimana kita mencapai realisasi persentase yang cukup tinggi. Samsat Taliwang KSB  berada di peringkat ke 2  se- NTB dengan realisasi capaian sebesar Rp. 5. 695.619.942 miliar,- dari target Rp. 5.521.334.299,- atau ada kenaikan aktivitas sebesar 103 persen," kata Kepala UPTB - UPPD Samsat Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat, Syaharuddin, S.Sos, M.Ec.Dev

Realisasi penerimaan PKB yang cukup tinggi tersebut dipengaruhi oleh faktor tingginya tingkat kesadaran masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor. Kemudian adanya   sosialiasi inovasi pelayanan Samsat secara intens melalui media sosial (medsos) maupun secara langsung turun ke masyarakat.

" Peran dan dukungan dari mitra diantaranya Kepolisian dan pihak lainnya juga sangat berpengaruh terhadap perolehan ini," imbuhnya. 

Ia juga menyatakan, realisasi pemasukan PKB sejauh ini diketahui telah menyokong dana pembangunan dan pemeliharaan sejumlah fasilitas publik.

“Realiasasi tersebut juga memengaruhi fiskal atas asumsi pemasukan memberikan ruang yang lega dalam membuat kebijakan berdasar penerimaan pemerintah,” bebernya.

" Dengan meningkatnya para wajib pajak melaksanakan kewajibannya akan berdampak pula dalam bagi hasil pendapatan daerah, sehingga bisa membantu pemerintah daerah dalam proses pembangunan daerah," imbuh Syaharuddin. (KA-02)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini