AMMAN Dukung Operasi Katarak Gratis oleh Dinkes KSB untuk 168 Pasien

Sebarkan:

Sumbawa Barat, KA.

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menurunkan angka kebutaan, PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN) mendukung penyelenggaraan operasi katarak gratis untuk masyarakat KSB pada 22-23 November 2022 di RSUD Asy-Syifa’. Operasi ini diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan KSB, Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), dan bekerja sama dengan Fred Hollows Foundation dan Rumah Sakit Mata NTB. 


Kepala Dinas Kesehatan KSB Hj. Erna Idawati S.E. mengatakan bahwa katarak masih merupakan penyebab kebutaan nomor satu di Indonesia. Namun, kebutaan akibat penyakit katarak adalah kebutaan yang masih dapat disembuhkan dengan tindakan operasi katarak. 

“Kerjasama multipihak ini menyasar 168 orang penderita katarak di wilayah KSB. Operasi katarak gratis ini merupakan wujud upaya serius pemerintah serta pemangku kepentingan lainnya untuk menurunkan angka kebutaan di KSB. Kami berharap program ini dapat terus berlanjut sehingga semakin banyak masyarakat KSB yang tertolong sembuh dari kebutaan akibat katarak, karena mata merupakan jendela dunia. Dengan mata sehat, maka hidup akan semakin produktif,” jelas Erna.

Pada tahun 2022, diperkirakan sebanyak 1.171 orang di KSB mengalami kebutaan dan penyebab terbesarnya adalah katarak. Hingga kini, belum terdapat pelayanan dokter spesialis mata di KSB sehingga masih banyak penderita katarak yang belum tertangani karena pasien harus dirujuk ke Mataram untuk mendapatkan layanan operasi.

Head of Social Impact & Policy Permitting AMMAN, Priyo Pramono, menyatakan bahwa partisipasi perusahaan untuk kegiatan ini merupakan upaya nyata AMMAN dalam rangka memenuhi hak dasar dari masyarakat, yaitu kesehatan yang layak.

 “Salah satu fokus dalam Rencana Induk Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (RIPPM) yang dicanangkan oleh AMMAN adalah bidang kesehatan. Kami berharap kegiatan ini dapat membantu para penderita penyakit katarak, serta membantu program pemerintah dalam mencapai penurunan angka kebutaan di Bumi Pariri Lema Bariri,” kata Priyo.

Tentang AMMAN

PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN) adalah perusahaan tambang dan pemrosesan tembaga dan emas kedua terbesar di Indonesia, yang memiliki kapabilitas operasional kelas dunia. AMMAN mengoperasikan tambang Batu Hijau dan berbagai prospek tembaga dan emas lainnya di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dalam lima tahun sejak mengakuisisi tambang Batu Hijau di tahun 2016, AMMAN telah meningkatkan efisiensi dan produktivitas operasional hingga mencapai rekor tertinggi dalam sejarah Batu Hijau.

AMMAN selalu mengambil langkah terdepan dalam meminimalisir dampak lingkungan dari kegiatan operasionalnya. AMMAN telah mendapatkan berbagai penghargaan atas keberhasilannya mengelola lingkungan, antara lain Trofi Aditama, yang merupakan penghargaan tertinggi dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Operasional AMMAN didasarkan pada visi untuk menjadi organisasi transformative yang menciptakan warisan terbaik. AMMAN juga menjalankan berbagai inisiatif untuk menciptakan dampak sosial dan mempromosikan nilai kebebasan, toleransi, pengembangan diri, dan kesejahteraan, bagi masyakarat sekitar.(KA-04)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini