Lulus Seleksi Administrasi, 2.027 Pelamar Smelter Jalani Tes Psikotes Sistem CAT

Sebarkan:

Taliwang, KA.

Pelamar yang lulus admnistrasi pada rekrutmen tenaga kerja tahap pertama Pembangunan Pabrik Smelter di Kabupaten Sumbawa Barat dilaporkan tercatat sebanyak 2.027 orang. Ribuan pelamar ini selanjutnya akan menjalani Tes Tulis (Psikotes) melalui system Computer Assisted Tes (CAT) pada 21- 26 September 2022.

" Ya, Tim Terpadu Rekrutmen Tenaga kerja Smelter akan bekerjasama dengan Tim ECC Universitas Gajahmada Jogyakarta selaku pihak ketiga yang akan menjadi operator pelaksana Psikotes yang telah disepakati oleh unsur perusahaan dan dari unsur pemerintah daerah dalam tim terpadu," kata Juru Bicara Tim Terpadu, Beny Tanaya Darwis, Sabtu (17/9/2022).

Keterlibatan Tim ECC UGM ini kata Beny pernah terlaksana sebelumnya pada proses Rekrutmen tenaga kerja PT. Macmahon project Batu Hijau tahun 2017 lalu.  Tim ini akan dilibatkan kembali karena akurasi  hasil yang diperoleh sangat memuaskan. 

" Psikotes ini nantinya diikuti oleh 2.027 pelamar yang sudah dinyatakan lulus administrasi berdasarkan abjad atau nama pelamar. Ini kemudian dibagi lagi dalam 5 sesi setiap hari dan setiap sesi diikuti sebanyak 80 orang dengan menyesuaikan kesiapan perangkat komputer CAT di gedung BKPESDM Sumbawa Barat," jelasnya. 

Sistem CAT ini terang Beny, digunakan untuk mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil tes serta menciptakan standart hasil yang akurat tanpa adanya rekayasa atau intervensi dari pihak manapun termasuk oleh Tim Rekrutmen itu sendiri.

Sementara dalam kaitan soal dan materi sistem CAT inipun sudah disepakati akan lebih menyentuh pada pertanyaan yang bersifat Logika maupun etos kerja yang sehari harinya  akan dialami oleh karyawan selama bekerja di perusahaan.

" Jadi kita tidak berlakukan ketat seperti psikotes CPNS. Fasilitas CAT hanya dipinjam saja karena  mempermudah, cepat maupun akurat mendapatkan hasil," imbuhnya. 

Setelah psikotes yang akan berlangsung selama 5 hari tersebut selanjutnya akan masuk ke sesi interview yang diambil dari hasil kelulusan  psikotes. Pihaknya juga  akan memasukkan skor dan penilaian derajat kelokalan bagi pelamar yang lulus. Begitupun seterusnya pada tahap keberlanjutan rekrutmen tenaga kerja pembangunan pabrik Smelter yang akan diperlakukan sama sebagaimana tahap pertama ini.

Terhadap soal psikotes atau materi soal psikotes sudah dirancang oleh Pihak ECC UGM sendiri termasuk passing grade yang ditentukan dengan arahan agar penilaian dapat disederhanakan dan menyesuaikan dengan kompetensi, pendidikan pelamar atau job yang dilamar.

" Kita berharap peserta tes tulis (psikotes) lebih mempersiapkan diri lagi. Nanti dalam pelaksanaannya sendiri peserta akan dipandu oleh operator dalam mengoperasikan sistem CAT,"  demikian Benny.(KA-02)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini