tayang 15/07/2020

Distribusi Bansos Beras PKH untuk Tiga Desa Terkendala Sulitnya Akses Jalan

Sebarkan:

  


Sumbawa Besar, KA. 

Pendistribusian  Bantuan Sosial (Bansos) Beras Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial RI di Kabupaten Sumbawa sejauh ini telah mencapai sekitar 97 persen.

Pimpinan Cabang Perum Bulog Sumbawa Kurnia Rahmawati STP kepada awak media  menjelaskan, bahwa jumlah Bantuan Sosial Beras PKH untuk Kabupaten Sumbawa tercatat sebanyak 21.960 KPM.


“Dimana masing-masing KPM menerima jatah beras sebanyak 15 kg, dengan jumlah total beras yang disalurkan untuk jatah 3 bulan alokasi bulan  Agustus, September  dan Oktober 2020 mencapai 988.200 kg,” rincinya.

Dari hasil monitoring dan evaluasi, terang Nia sapaan akrabnya, Bantuan Sosial Beras PKH untuk alokasi bulan Agustus dan September 2020 untuk Kabupaten Sumbawa, berdasarkan BAST beras dari Bulog ke transporter PT DNR sebesar 99% dan berdasarkan angka realisasi yang sudah tersalur kepada KPM-PKH sebesar 97%.

“Namun masih terdapat 3 Desa yang belum dapat tersalurkan yakni Desa Tepal, Tangkam Pulit dan Bao Desa karena adanya kendala akses jalan yang sulit dilalui,” tukasnya.

Kendati demikian, sambung Nia, untuk daerah yang sulit terjangkau itu, maka penyalurannya dilaksanakan tiga bulan sekaligus dengan jumlah Bansos Beras PKH yang belum tersalurkan sebanyak 297.495 Kg untuk 19.833 KPM-PKH. Untuk alokasi Oktober ini akan segera dilakukan setelah rampung penyaluran alokasi Agustus dan September. Pada prinsipnya, Bulog sebagai penyedia komoditi sudah siap untuk penyaluran alokasi Oktober 2020 ini.

“Kami jamin Bansos Beras PKH yang disalurkan kepada KPM didaerah berkualitas, soal masih adanya tiga Desa yang belum tersalur, akan diupayakan dropping secepatnya oleh transporter PT DNR, karena itu atas dukungan semua pihak dan kerjasama yang baik selama ini kami sampaikan apresiasi dan terima kasih yang mendalam,” ucap Nia.

Seperti diberitakan, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial Republik Indonesia pada tahun 2020 ini telah  meluncurkan Bantuan Sosial (Bansos) Beras Program Keluarga Harapan (PKH) yang diperuntukkan bagi Kelompok Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM-PKH).

Sebagai penyedia, Kemennsos mempercayakannya kepada Perum Bulog. Untuk Kabupaten Sumbawa, telah dilaunchuing dan disalurkan   pertama  kali oleh Bupati Sumbawa diwakili oleh Staf Ahli Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan Ir H Zulqipli didampingi Kadis Sosial Kabupaten Sumbawa Ir Ahmad Yani, Kepala Perum Bulog Wilayah I Sumbawa yang juga dihadiri Camat Labuan Badas, Kades Labuan Sumbawa,Transporter PT DNR Logistic, Para Pendamping PKH dan beberapa KPM PKH, pada 25 September 2020 lalu di gudang Bulog GBB Labuan Sumbawa.(KA-01)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini