tayang 15/07/2020

Road Show di KSB, TP PKK NTB Konsisten Memberi Semangat dan Membangun Sinergi

Sebarkan:

Sumbawa Barat, KA. 

 Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menjadi lokasi terakhir yang dikunjungi Ketua TP. PKK Provinsi NTB Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah dalam rangkaian Road Show TP PKK Provinsi NTB sekaligus rangkaian Gerakan Bersama Pakai Masker (Gebrak Masker). Kecamatan Taliwang dan Kecamatan Brang Ene kemudian menjadi dua daerah yang dikunjungi oleh TP PKK Provinsi NTB hari ini, Selasa, 22 September 2020.

Sebelumnya, Gebrak Masker yang merupakan kolaborasi dengan Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) telah melakukan sosialisasi dan pembinaan akan pentingnya menggunakan masker di kabupaten/kota se-NTB. Selain itu, rangkaian Road Show TP PKK Provinsi NTB ini guna memberi semangat, membangun sinergi dan kekompakan kader-kader PKK yang ada di seluruh wilayah NTB.

Ketua TP PKK Provinsi NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah mengapresiasi seluruh kader-kader PKK baik tingkat desa hingga kabupaten/kota yang telah bersama-sama membantu masyarakat. Terlebih di masa pandemi Covid-19 ini, peran dan keterlibatan PKK begitu terasa ke seluruh aspek yang terdampak pandemi. 

"Kabupaten Sumbawa Barat adalah titik terakhir di seluruh kabupaten/kota se-NTB dalam rangka memberikan motivasi, semangat dan dukungan kepada seluruh Tim Penggerak PKK di NTB, terutama untuk mengurangi dampak dari pandemi Covid-19," ucap Ketua TP PKK yang akrab disapa Bunda Niken tersebut.

Bunda Niken kemudian memuji KSB yang berhasil menekan laju kasus positif di daerahnya hingga saat ini. Menurutnya, hal ini adalah bukti kekompakan dan sinergi yang baik seluruh elemen masyarakat dan pemerintah.

"Alhamdulillah, masyarakat di KSB ini adalah masyarakat yang betul-betul disiplin mematuhi protokol kesehatan," ungkapnya.

Selanjutnya, Bunda Niken meminta masyarakat agar tetap mengedepankan protokol kesehatan di dalam beraktifitas. Kehadiran PKK juga diharapkan dapat terus memberikan layanan dan edukasi bagi masyarakat melalui berbagai programnya.

"Untuk itu, kami berterima kasih kepada seluruh Tim Penggerak PKK di KSB, yang sudah menggerakkan masyarakat KSB untuk selalu hidup sehat dan bersih," sambung Bunda Niken.

Tak hanya itu, ia berharap produk-produk lokal karya masyarakat KSB dapat terus berproduksi meskipun ditengah pandemi. Bahkan, Bunda Niken yang saat itu mengenakan pakaian tenun karya penenun-penenun asal Kertasari KSB memuji kualitas lokal yang disebutnya tidak kalah dari daerah-daerah lain. 

"Saya yakin produk lokal KSB tidak kalah bagusnya," ujarnya.

Terakhir, Ia mengucapkan terima kasih kepada OPD-OPD terkait dan IKAPTK yang telah membersamai Road Show PKK dari hari pertama hingga terakhir di KSB hari ini.

Sementara itu, Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W. Musyafirin memberikan apresiasi atas kunjungan Ketua TP PKK Provinsi NTB beserta jajaran yang tak kenal lelah membantu masyarakat. Secara langsung, Musyafirin mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan untuk KSB.

"Kami sangat apresiasi atas kunjungan kerja ibu Ketua PKK yg tak bosan-bosan datang ke KSB untuk mensejahterakan warga NTB pada umumnya dan KSB khususnya," tuturnya.

Musyafirin mengungkapkan bahwa masyarakat di KSB merupakan orang-orang yang sangat patuh pada protokol kesehatan, salah satunya menggunakan masker. Hal inilah yang membuat NTB mampu menekan kasus-kasus positif baru pandemi Covid-19.

Selain itu, Ia mengungkapkan jika saat ini sejumlah desa di KSB telah berhasil masuk 10 besar terkait lomba Kampung Sehat yang merupakan inisiasi Polda NTB. Namun, Musyafirin menilai juara bukan menjadi prioritas melainkan kehidupan yang sehat secara berkelanjutan adalah tujuan utamanya.

"Juara itu bukan tumpuan terakhir, tapi bagaimana proses kita menciptakan kampung sehat ini. Alhamdulillah, ibu-ibu PKK sudah bersinergi didalam membangun Kampung Sehat ini," terangnya.

Musyafirin kemudian berharap agar kader-kader PKK yang ada di KSB dapat terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Ia pun berjanji akan terus membantu dan memberikan dukungan penuh untuk kesejahteraan para kader-kader PKK. 

Sebelumnya, Ketua TP PKK KSB, Hj. Hanipah Musyafirin melaporkan bahwa hingga saat ini PKK KSB terus melaksanakan berbagai program pokok PKK tentunya dengan mengutamakan protokol kesehatan.

Berbagai program itu seperti pembimbingan dan pembinaan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) pada kelompok UMKM, kegiatan posyandu, penyuluhan pemanfaatan pekarangan, kegiatan Gebrak Masker di seluruh kecamatan hingga melakukan kegiatan pengajian.

"Terutama di masa pandemi Covid-19 saat ini, peran serta PKK sangat terasa karena dengan semangat ibu-ibu kader PKK di desa memberikan semangat kepada keluarga di semua bidang," jelas Hj. Hanipah.

Begitu pula dengan lomba Kampung Sehat yang saat ini mendapat dukungan penuh dari PKK KSB. Ia menilai Kampung Sehat merupakan implementasi dari keberhasilan 10 program pokok PKK.

"Ketika 10 program pokok PKK dijalankan dengan baik, menggerakkan masyarakat khususnya ibu-ibu dasawisma sangat membantu mewujudkan tujuan dari diadakannya Kampung Sehat," sebutnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bunda Niken beserta rombongan juga turut meninjau pameran pangan lokal khas KSB. Selanjutnya, rombongan TP PKK Provinsi NTB mengunjungi Desa Mura Kecamatan Brang Ene. Di sana, terdapat pelayanan KB, posyandu keluarga dan kelompok-kelompok dasawisma.

Desa Mura juga merupakan desa yang termasuk ke dalam 10 besar lomba Kampung Sehat. Bunda Niken yang menyaksikan keindahan Desa Mura kemudian memberikan apresiasi kepada masyarakat dan seluruh jajaran pemerintah Desa Mura atas semangatnya dalam mewujudkan Kampung Sehat.

Dalam kesempatan ini, Ketua TP PKK Provinsi NTB turut pula didampingi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Provinsi NTB, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTB, Kepala Dinas PMPD Dukcapil Provinsi NTB serta Kepala BKKBN Provinsi NTB. Sama halnya dengan kabupaten/kota lainnya, OPD terkait dan IKAPTK juga memberikan bantuan berupa masker dan bantuan pokok untuk menyukseskan berbagai program PKK di KSB. (KA-04)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini