Dikejar Polairud Pelaku Bom Ikan Kabur Tinggalkan Kapalnya

Sebarkan:

Polairud Mengamankan Barang Bukti Kapal Pelaku Bom Ikan.(foto dok Polairud)
Sumbawa Besar, KA.

Satuan Polairud Polres Sumbawa mengejar pelaku pengebom ikan di Pulau Tete Kecamatan Lape, Sumbawa, NTB  (10/9/2020). Namun sebanyak 7 orang pelaku langsung kabur setelah mengetahui kedatangan Polisi dan meninggalkan kapalnya.

Kasat Polair Polres Sumbawa AKP Aloisius Ignasius, dalam keterangan Persnya membenarkan pengejaran terhadap pelaku illegal fishing tersebut.

Sekitar pukul 14.50 wita, aparat Polairud  melihat para pelaku melakukan aksi pengeboman ikan disusul suara bom yang cukup keras.

“Sesaat setelah itu kami langsung mendekati kapal para pelaku. Mengetahui kedatangan kami para pelaku langsung mengayuh kapal menuju perbukitan dan melarikan diri. Pelaku menggunakan 4 kapal namun 1 kapal karam sehingga yang kami amankan hanya 3 kapal dan ikan hasil pengeboman sebagai barang bukti," ungkapnya.

Ditempat terpisah, Kasubbag Humas Polres Sumbawa Iptu Sumardi, S.Sos yang konfirmasi mengungkapkan, Sat Polairud Polres Sumbawa akan melakukan pengejaran terhadap para pelaku.

 "Ikan hasil pengeboman akan di bawa ke laboraturium untuk dilakukan uji lab.Biasanya ikan yang dibom bagian organ dalamnya sudah pecah dan tidak utuh lagi. Sat Polairud Polres Sumbawa akan tetap melakukan pengejaran terhadap pelaku." tukasnya,

Dikatakan, penggunaan bom ikan, baik dalam jangka waktu yang tidak menentu maupun secara masif pasti berdampak buruk bagi ekosistem laut terutama terumbu karang dan berbagai jenis spesies laut lainnya. “Pihak kepolisian harus melakukan penegakan hukum terhadap para pelaku agar memberikan efek jera bagi para pelaku,” pungkasnya.(KA-01)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini