tayang 15/07/2020

HKN KE-55, Dikes Diminta Merefleksi Keberhasilan Upaya Kesehatan

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.
Pemkab Sumbawa dalam hal ini Dinas Kesehatan menggelar resepsi perayaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 55 tahun 2019 dengan tema “Generasi Sehat, Indonesia Unggul”, di halaman kantor setempat. Dalam kegiatan itu, insan kesehatan terutama Dinas Kesehatan diminta untuk merefleksi kembali sejauh mana keberhasilan upaya kesehatan yang sudah dilaksanakan.
Hal itu disampaikan Bupati Sumbawa melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra – H Muhammad Ikhsan. Pembangunan kesehatan dinilai telah berkontribusi dalam pembangunan manusia. Itu dilihat dengan meningkatnya nilai indeks pembangunan manusia (IPM) dan usia harapan hidup.
Berdasarkan data tahun 2018, lanjut Ikhsan, IPM Kabupaten Sumbawa mencapai 66,77 point, naik 0,93 point dari tahun sebelumnya. Sehingga pihaknya mengajak semua pihak untuk terus mendorong pembangunan daerah, dengan berupaya membangun kesadaran masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. ‘’Peringatan HKN ke-55 ini menjadi momentum untuk seluruh insan kesehatan khususnya jajaran Dinas Kesehatan untuk merefleksi kembali sejauh mana keberhasilan upaya kesehatan yang sudah dilaksanakan baik promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat kita. Dan sejauh mana keberhasilan sektor kesehatan dalam melibatkan semua unsur, lintas sektor, dalam melaksanakan pembangunan kesehatan,’’ tuturnya.
Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Sumbawa – H Didi Darsani dalam laporannya mengungkapkan, adapun gerak pembangunan kesehatan di Kabupaten Sumbawa yang berhasil dicapai yakni, angka kematian ibu yang sudah menurun menjadi 12 kasus, menurunnya kasus gizi buruk sekitar 15 kasus, dari tahun 2017. Kemudian peningkatan desa Open Defecasi Free (ODF), walaupun Kabupaten Sumbawa belum bisa mengODFkan semua desa. Selanjutnya keberahasilan rumah tangka berPHBS mengalami peningkatan, ini tidak lepas dari gerakan masyarakat hidup sehat.
Dalam kegiatan itu, selain dilakukan penyerahan hadiah kepada para pihak yang berprestasi, juga  dilakukan penyerahan secara simbolis bantuan ambulance dan kendaraan roda dua. (KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini