Rektor Unram dan Bupati KSB Sepakat Jalin Kerjasama Pendidikan Kedokteran

Sebarkan:

Mataram, KA.

Rektor Universitas Mataram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D, dan Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H.W. Musyafirin, MM, melakukan pertemuan di Kantor Bupati Kabupaten Sumbawa Barat pada Jumat, (29/12/2023). 

Pertemuan ini bertujuan membahas kerja sama antara Universitas Mataram dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sumbawa Barat.

Kerjasama tersebut terfokus pada bidang kedokteran, dengan tujuan membuka peluang pendidikan bagi putra putri terbaik asal Sumbawa Barat. Inisiatif ini muncul karena beberapa tahun terakhir, formasi dokter umum maupun spesialis di Kabupaten Sumbawa Barat kesulitan terisi. Terlihat, terakhir kali lowongan PPPK untuk 18 tenaga dokter hanya ada dua pendaftar yang terisi.

Rektor Universitas Mataram Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D menjelaskan, kerja sama ini  untuk memberikan pendidikan kedokteran kepada putra putri daerah Kabupaten Sumbawa Barat, dengan syarat bahwa setelah menyelesaikan pendidikan, mereka akan kembali dan mengabdi di daerah asal mereka.

Dalam tahap awal kerja sama, Universitas Mataram akan menentukan kuota untuk Kabupaten Sumbawa Barat. Pemda setempat nantinya akan memilih lulusan terbaik dari sejumlah sekolah SMA di wilayah tersebut, termasuk putra-putri KSB yang tengah menempuh pendidikan SMA diluar KSB. Kuota ini akan diperebutkan secara internal oleh para calon mahasiswa.

Skema kerjasama ini akan diputuskan dan ditandatangani melalui Memorandum of Understanding (MoU) pada 15 Januari 2024 mendatang. Sebelumnya, Universitas Mataram telah berhasil menjalankan kerja sama serupa dengan Kabupaten Lombok Tengah, yang telah menghasilkan 5 mahasiswa kedokteran yang didanai oleh pemda setempat.

Rektor Universitas Mataram menyatakan optimisme bahwa kerja sama semacam ini dapat menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan tenaga dokter di daerah-daerah terpencil atau terluar di Nusa Tenggara Barat. Langkah ini sejalan dengan komitmen Universitas Mataram untuk terus berkontribusi dalam pengembangan daerah-daerah di NTB.(KA-03)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini