Setelah PPK, Giliran 1.258 Calon Anggota PPS Jalani Tes Tulis CAT

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Sebanyak 1.258 peserta calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) mengikuti tahapan tes tulis berbasis komputer CAT yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa.


Muhammad Ali, S.IP, Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM,, KPU Sumbawa, dalam keterangan Persnya, Selasa (10/01/23), menjelaskan, saat ini KPU kabupaten Sumbawa melaksanakan tes tulis berbasis komputer 1.258 peserta di 5 titik, bagian timur di SMK Kecamatan Plampang,  bagian tengah di SMK Kecamatan Lopok, wilayah kecamatan Sumbawa besar dan sekitarnya di SMK 3 Sumbawa, di bagian selatan di SMP Kecamatan Lenangguar, dan di wilayah barat di SMK Kecamatan Buer. 

Ali menjelaskan, sesuai tahapan pemilu 2024 di PKPU 3 tahun 2022 dan pembentukan badan adhoc perekrutan anggota PPS diatur dalam PKPU 8 tahun 2022, maka KPU Sumbawa telah membuka pendaftaran calon anggota PPS pada 18-30 Desember 2022 untuk 165 desa/kelurahan di 24 kecamatan.

"Karena pendaftar kurang dari 2 kali jumlah kebutuhan anggota PPS (Minimal 6 orang pendaftar) di tahap Pendaftaran normal, sehingga pendaftaran diperpanjang selama 3 hari mulai tanggal 31 Desember 2022 s/d 2 Januari 2023," terang Ali.

Hal itu, sambungnya, di atur dalam ketentuan KPT KPU RI Nomor 534 tahun 2022, apabila kurang dari jumlah 2 kali jumlah kebutuhan, KPU Kabupaten/kota membuka perpanjangan. Saat ini,  KPU Sumbawa melaksanakan tes tulis calon anggota PPS setelah melakukan penelitian administrasi.

Dari 165 desa/kelurahan yang tersebar di 24 kecamatan, ada 1.629 pendaftar yang hanya membuat akun dan termasuk melengkapi berkas, jumlah pendaftar yang melengkapi persyaratan dan mengirim berkas ke siakba sebanyak 1.278 orang.

"Setelah kami melakukan penelitian administrasi ada 1.258 yang lulus dan 20 orang yang tidak lulus," ungkapnya.

Menurutnya,  ada beberapa hal pendaftar tidak lulus karena tidak melengkapi  dokumen persyaratan upload di siakba termasuk fisiknya, pendaftar di siakba tidak sesuai desa dengan alamat domisili KTP el, ada pendaftar upload dokumen ke siakba tidak sesuai persyaratan yang diatur. KPU kabupaten Sumbawa selama tahap penelitian administrasi membuka masa waktu perbaikan persyaratan, tetapi banyak pendaftar tidak menindaklanjutinya, sehingga hanya 1.278 pendaftar yang kita vermin persyaratan.

Dijelaskan, dalam KPT KPU RI 534 tahun 2022, jadwal tahap pelaksanaan tes tulis PPS yang perpanjangan pendaftaran, dimulai pada tanggal 9-14 Januari 2023, KPU Kabupaten Sumbawa telah mengatur jadwal tes tulis PPS hanya 2 hari, telah di mulai pada tanggal 9 s/d 10 Januari (2 hari), dengan banyak tempat tes tulis, sehingga cukup 2 hari untuk menyelesaikan tahap tes tulis.

Untuk hasil tes tulis CAT PPS, KPU Kabupaten Sumbawa menetapkan 3 kali jumlah kebutuhan (sebanyak 9 orang) per desa, yang kurang dari 9 orang mengikuti tes tulis per desa.l

"Peserta yang lulus tes tulis akan  mengikuti ke tahap selanjutnya yakni tes wawancara yang akan kami laksanakan pada 18 - 20 Januari 2023, selanjutnya penetapan anggota PPS nanti pada 23 Januari dan kami Lantik anggota PPS pada 24 Januari 2023," tandasnya.

Pada kesempatan itu, Ali  juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak terutama  tokoh masyarakat dan pemuda  yang telah berpartisipasi aktif mengikuti tahapan perekrutan PPK dan PPS dengan tingginya animo  peserta untuk menjadi penyelenggara.

"Tentu ada semangat tersendiri bagi kami untuk menyukseskan pemilu tahun 2024 agar berjalan aman, damai, adil, jujur, berintegritas dan partisipatif," pungkasnya.(KA-04)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini