Review Singkat Mac Mini M2 Pro

Sebarkan:


Mac Mini M2 Pro merupakan produk keluaran Apple terbaru yang dirilis tahun 2023. Bisa dibilang setelah Mac Mini versi baru keluar, maka Apple secara resmi hanya menjual 1 Mac yang menggunakan chip Intel yaitu Mac Pro. Adapun produk ini memiliki peningkatan yang cukup bagus, salah satunya yaitu menggunakan wi-fi dengan versi 6E. 

Maka bisa dibilang secara konektivitas akan semakin cepat dan juga stabil dengan peningkatan konektivitas nirkabel. Selain itu apalagi keunggulan dari produk Mac Mini ini? Mac Mini M2

Review Mac Mini M2 Pro

Mac Mini M2 Pro membuat penasaran banyak orang apa saja kelebihan dari salah satu produk terbaik ini. Seperti diketahui Mac mini merupakan komputer Apple Macintosh yang dirancang dan dijual oleh Apple Computer. Mac Mini pertama sekali diluncurkan di tahun 2005 untuk fleksibilitas bagi orang-orang yang punya mobilitas tinggi dan mustahil menenteng komputer desktop iMac kemanapun pergi. Berikut review singkat produk Mac Mini M2 Pro baru saja dirilis.

• Performa

Secara formal maka produk ini tentu saja tidak bisa dibandingkan dengan Intel Mac Mini lama. Mac Mini M2 Pro memiliki  4 Core CPU dan 8 core dan juga 19 inti GPU,  secara kecepatan 20% lebih baik. Untuk kecepatan performa SSD meningkat dua kali lipat dibanding M1. Produk ini juga didukung dengan RAM 16GB. 

Peningkatan juga terlihat pada cache dan beberapa karena inti GPU yang lebih banyak. Anda yang mengharapkan produk ini untuk memainkan video game maka bisa diandalkan tapi bukan untuk game komputer. Agar Mac Mini bisa dimanfaatkan untuk game komputer maka harus menggunakan Metal. Artinya bahwa produk ini harus dikodekan langsung ke Mac OS. Namun sayang karena hanya sedikit game yang bisa masuk ke format di yang ada di Mac Mini M2 versi Pro. Salah satunya adalah Resident Evil Village, di mana grafik game adalah yang paling bagus terlihat di Mac, karena sangat mulus dan punya tampilan hebat bahkan permainan cukup responsif. Tapi jangan sekali-kali membayangkan produk Mac Mini ini untuk tujuan bermain game karena tentu tidak bisa jadi andalan utama. 

Produk ini juga dilakukan pengujian dengan iMovie di mana cukup stabil dan bisa mengekspor film dengan kualitas 4K. Memang dibandingkan dengan versi standar maka kinerja ini lebih tinggi dan merupakan langkah maju yang solid dari versi M2 Standar. Produk ini punya CPU yang lebih modern dibanding Intel dan AMD tapi tetap saja tidak memecahkan rekor paling tinggi.

• Desain

Untuk desainnya sendiri versi M2 Pro punya rangkaian port yang sama yaitu 2 port USB A dan dua port Thunderbolt 4 serta satu port HDMI dan port ethernet gigabyte dan Jack Headphone. Kemudian produk Mac mini ini masih menggunakan lapisan abu-abu mini dari perak yang masih sama sejak tahun 2018.

Untuk desain memang bagi pecinta produk estetik maka mungkin bisa melirik produk ini, karena punya estetika minimalis yang tinggi namun perubahannya lambat. Alasannya mungkin karena untuk memperkuat identitas dari produk Mac Mini ataupun karena bertahan dengan apa yang berhasil dijual di pasaran. Produk ini masih menggunakan lempengan logam yang tampak ramping dengan sudut membulat dan di tengah ada logo Apple.

Sementara untuk ukurannya 1,4 x 7,7 x 7,7 inci dengan bahan sasis aluminium yang sangat minimalis dan tidak akan memakan banyak ruangan. Bahkan ketika Mac Mini M2 Pro ini diletakkan di meja, maka tidak akan membuat meja jadi tampak penuh. Produk juga sangat tepat jika diletakkan di home theater set up atau digunakan untuk signage digital. 

• Pengisi Daya Cepat

Memang jika dilihat-lihat desainnya sendiri tidak memberikan surprise apapun karena untuk pengisian daya internalnya memang lebih tinggi daripada M2 Standard, dimana M2 Standard memiliki pengisian internal hingga 150 watt dan untuk versi Pro hingga 185 Watt. Kemudian versi ini menggunakan desain kipas dan heatsink yang masih sama dan di saat dilakukan pengujian versi Pro berjalan dingin seperti pada versi M1. 

Meski produk Mac Mini M2 Pro ini dibandrol dengan harga yang cukup mahal untuk rilisan di negara asalnya namun bagi Anda yang ingin mendapatkan produk ini di Indonesia maka bisa lewat marketplace. Blibli merupakan marketplace yang menghadirkan produk Mac Mini versi terbaru ini dengan harga yang pasti lebih terjangkau, apalagi semua produk yang dijual akan mendapatkan promo berupa diskon potongan harga. 

Blibli merupakan marketplace yang memiliki banyak toko official salah satunya toko official untuk produk Apple maka menghadirkan produk-produk terbaik dari brand mewah satu ini. Pastinya tidak hanya ada Mac Mini, tapi terdapat pula iPhone untuk rilisan terbaru, iPad, MacBook hingga aksesoris untuk produk Apple tentunya. Untuk Anda yang tidak ingin ketinggalan produk-produk terbaru di blibli maka wajib download aplikasi Blibli sekarang juga.(KA-Adv)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini