Tim Aerobatik Jupiter Bakal Belah Langit MXGP Samota

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Tim Aerobatik Jupiter (JAT) TNI AU dijadwalkan  beraksi  diatas  Rocket Sirkuit  sebelum pembalap  unjuk gigi di event Motor Cross  Grand Prix  (MXGP)  Samota.  

Rencana  Jupiter Aerobatik beraksi diungkap National Press Officer MXGP Indonesia, Popy Senduk.  

Namun Popy tidak menyebut jadwal pasti atraksi yang menegangkan tersebut. Namun dari  rundown yang beredar disebutkan   Jupiter mulai menderu pada jam 15.30 pada tanggal 26 Juni 2022.         


Tentang Jupiter

Dikutip dari tni-au.mil.id, pembentukan JAT berdasarkan inisiatif para instruktur penerbang di lingkungan Skadron Pendidikan 103 yang mengawaki pesawat MK 53 HS Hawk pada 1997.

Para inisiator ini kemudian memilih nama Jupiter yang berasal dari sebutan bagi para instruktur penerbang yang mengajar di Lanud Adisutjipto.

JAT tampil pertama kali pada HUT TNI pada 5 Oktober 1997 dengan menggunakan 4 pesawat MK 53 HS Hawk. Tetapi, karena sesuatu dan lain hal kegiatan tersebut dihentikan pada 2002. 

Setelah vakum selama beberapa tahun, pada awal 2008 TNI AU mulai merintis kembali tim aerobatiknya dengan menggunakan pesawat KT 1 Woongbee buatan Korea Selatan yang memperkuat Skadik 102.

Penampilan baru yang lebih menawan diawali pada awal 2011 dengan menggunakan 6 pesawat yang telah di cat merah putih dengan manuver yang lebih bervariasi.(KA-04)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini