Pembangunan Tiga Gedung Baru Puskesmas Jadi Kado HUT Sumbawa

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA

Proyek pembangunan tiga gedung UPT Puskesmas Kecamatan Alas, Tarano dan Ropang bersumber dari DAK Afirmasi dan APBD Sumbawa tahun anggaran 2021 progress fisiknya  telah dinyatakan tuntas 100 persen sesuai kontrak.


"Alhamdulillah pembangunan tiga puskesmas tersebut rampung dan insyallah operasionalnya akan diresmikan oleh bapak bupati Sumbawa sekitar medio Januari 2022 mendatang," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa, Junaedi S.Si M.i Apt, kepada awak media diruang kerjanya.


Rampungnya bpembangunan dua gedung UPT Puskesmas Alas dan Tarano yang dibiayai melalui DAK Afirmasi tahun 2021 dan pembenahan lanjutan UPT Puskesmas Ropang yang menyerap APBD Sumbawa tahun 2021 itu,  terang Jun, sapaan akrab pejabat muda low profil ini, maka tinggal dilakukan peresmian operasionalnya saja.

"Ketiga gedung Puskesmas baru ini merupakan kado HUT Kabupaten Sumbawa ke-63 tanggal 22 Januari 2022, yang diharapkan kedepan dengan gedung baru yang leih rerpresentatif ini akan dapat lebih meningkatkan pelayanan kesehatan prima bagi masyarakat setempat," tukasnya.


Hal senada juga diungkapkan Sekretaris Dikes  Sumbawa, Abdul Malik S.Sos yang juga Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek tersebut.

Menurutnya, proyek pembangunan tiga unit gedung UPT Puskesmas Alas, Tarano dan Ropang telah dinyatakan tuntas pembangunan fisiknya 100%. Sedangkan, rencana peresmian operasionalnya akan dilakukan sebelum HUT Kabupaten Sumbawa.

"Saat ini sedang dilakukan pembersihan lokasi (Clean-up) sekaligus ketiga UPT tengah berbenah diri untuk memindahkan dan memasang sejumlah perangkat keras dan lunak, termasuk sejumlah alat kesehatan dan meubler dari lokasi sebelumnya kelokasi gedung baru, dan Insya Allah akan dapat dituntaskan secepatnya," tukasnya.

Untuk kegiatan peresmian operasionalnya, sambung Malik, sapaan akrabnya,  kemungkinan tidak akan dilakukan pada satu tempat saja, tetapi  secara terpisah dan memiliki makna tersendiri bagi UPT Puskesmas setempat. 

"Sehingga nantinya peresmiannya akan dilakukan secara berturut-turut dan tentu akan disesuaikan dengan agenda Pemda Sumbawa," ujarnya.

Untuk proyek pembangunan gedung Puskesmas Kecamatan Tarano dan Alas yang dibiayai pembangunannya melalui DAK Afirmasi tahun 2021 senilai Rp 15,8 miliar, progres  fisiknya telah tuntas 100 persen sesuai kontrak.

Bahkan mendapatkan apresiasi dari Tim Jaksa Pengacara Negara (JPN) Kejari Sumbawa.

"Kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang mendalam kepada semua pihak terkait, terutama  program pendampingan yang dilakukan oleh Tim JPN, yang telah mengawal dan mendampingi proses pembangunan fisik dari kedua proyek strategis tersebut mulai dari awal hingga berakhirya kegiatan proyek tersebut,” ucap Malik.(KA-04)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini