Mantap! Pembangunan Proyek Jaringan Irigasi Pulau Sumbawa Rampung

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Sejumlah paket proyek pembangunan dan rehabilitasi jaringan irigasi di Pulau Sumbawa khususnya di Kabupaten Dompu dan Bima, melalui Kementerian Pekerjaan Umum RI dan Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara 1 (BWS NT-1) tahun 2021 telah rampung dikerjakan.


Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Irigasi dan Rawa II SNVT-PJPA NT-1 Sumbawa, Adi Susianto ST M.Eng, kepada awak media, Senin (03/01/2021), menyatakan, proyek bersumber dari APBN maupun Loan IPDMIP  tahun 2021 mencapai puluhan miliar rupiah tersebut, sejauh ini sebagian besar paket proyek telah berhasil dituntaskan progres fisiknya 100 persen.

"Alhamdulillah, progres fisiknya telah mencapai 100 persen dan tak ditemukan kendala yang berarti dalam pelaksanaannya di lapangan," ungkapnya.

Adapun paket proyek yang telah tuntas hingga akhir tahun 2021 ini, terang Adi Susianto, untuk pembangunan jaringan irigasi Tanju Kiri dan dan Tanju  Kanan (APBN) progres fisiknya tuntas 100 persen. Sedangkan untuk tiga paket lainnya Rababaka Komplek, Katua Komplek dan Pelaparado Komplek yang dibiayai menggunakan dana Loan – IPDMIP mencapai total sekitar Rp 55 miliar, dengan pelaksanaannya menggunakan sistem Multi Years (Tahun Jamak) 2021/2002, justru untuk Rababaka Komplek telah tuntas fisiknya 100 persen sebelum kontrak berakhir Januari 2022.

"Untuk dua paket lainnya dari IPDMIP tersebut yakni Katua Komplek dan Pelaparado Komplek, progres fisiknya hingga akhir tahun telah mencapai sekitar 90,04% - 90,08%. Kami optimis paling lambat Februari 2022 mendatang sudah bisa diselesaikan dengan baik sesuai dengan yang direncanakan," kata Adi Susianto.


Diakuinya, pembangunan jaringan irigasi kanan dan kiri Bendungan Tanju Dompu sepanjang ratusan meter bersumber dari  APBN tahun 2021 itu, tak ditemukan adanya kendala yang berarti.

Semuanya, berjalan  On The Track sesuai schedule yang ditentukan, begitu pula untuk tiga paket proyek pembangunan jaringan irigasi Rababaka Komplek, Katua Komplek dan Pelaparado Komplek yang dibiayai dari  danaLoan – IPDMIP juga berjalan sesuai schedule.

Karenanya, ia menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemda dan masyarakat atas dukungannya sehingga proyek dapat terlaksana dengan baik. 

"Begitu juga apresiasi kami kepada kontraktor pelaksana yang terus menggenjot pekerjaannya sehingga progres fisiknya meningkat signifikan," pungkasnya.






//

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini