Wujudkan Laporan Keuangan yang Akuntabel, KPU Sumbawa Ikuti Bimtek PIPK

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Jajaran Sekretariat KPU Sumbawa mengikuti bimbingan teknis Penyusunan Pengendalian Intern Palaporan Keuangan (PIPK) yang digelar KPU Provinsi NTB, Selasa (07/12/2021).


Bimtek yang dilaksanakan secara daring itu,  dibuka secara langsung oleh Ketua KPU Provinsi NTB, Suhardi Soud, SE dan dihadiri oleh Anggota Ir. H. Syamsuddn dan Sekretaris Provinsi NTB, Mars Ansori Wijaya, S.Ip, MM.

Bimtek kali ini diikuti  oleh Sekretaris KPU Kabupaten/Kota, Pejabat struktural KPU/Kota, Bendahara Pengeluaran, Operator SAIBA seluruh Satker KPU Kabupaten / Kota Se-NTB.

Ketua KPU Provinsi NTB, Suhardi Soud, SE, dalam sambutannya pada acara pembukaan Bimtek tersebut, mengapresiai pelaksanaan kegiatan ini dan berpesan agar kegiatan ini dapat dikuti dengan serius sehingga langkah-langkah pengendalian dapat dilakukan dengan baik, sehingga tidak ada yang tercecer dan terserak akhirnya tujuan organisasi dapat tercapai.

"Setiap Organisasi mempunyai tujuan untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi, dalam rangka mencapai tujuan itu maka penuyusunan laporan Keuangan yang handal dan disusun sesuai dengan Standar Akutansi Pemerintah sesuatu yang mutlak diperlukan," ujarnya.

Menurutnya, kelembagaan KPU yang diberikan mandat oleh Negara melaksanakan tugas Konstitusi sebagai Penyelenggara Pemilu dan Pemilihan mengelola Anggaran Negara yang besar, mengingat perhelatan Pemilu dan Pemilihan sesuatu yang  kolosal karena  melibatkan Banyak orang dalam pelaksanaannya serta membutuhkan logistic yang besar sehingga diperlukan Anggaran yang besar dalam melaksanakannya.

Menyadari besarnya Anggaran yang dikelola oleh Lembaga KPU, sambungnya, maka diperlukan stategi yang spesifik dalam melakukan pengendalian Intern dalam pengelolaan dan penyusunan Laporan Keuangan, sehingga laporan Keuangan yang dihasilkan adalah Laporan Keuangan yang handal dan dapat dipahami dengan utuh oleh semua pihak yang berkepentingan atas Laporan Keuangan dimaksud dan pada akhirnya terwujudnya Laporan Keuangan yang akuntabler yang dapat  memberikan gambaran dan keyakinan memadai bahwa tuuan oraganisasi Kelembagaan KPU sudah tercapai.

"Kelembagaan KPU menyadari semua ini akan terwujud akan sangat ditentukan oleh kapasitas dan kopetensi personil-personil yang ditugasi dalam entitas-entitas pengelolaan dan penyusunan Pelaporan keuagan dan upaya-upaya peningkatan Kapasitas dan Kopetensi harus dilakukan secara terus menerus," cetusnya.

Sementara itu, Sekretaris KPU Provinsi NTB, Mars Ansori Wijaya, SIP, MM.  dalam arahannya menyatakan bahwa seluruh satker KPU se-NTB telah terbanguan suatu system Penyusunan Laporan Keuangan pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dengan baik, dan KPU Provinsi NTB memperoleh prestasi dan Apresiasi yang baik dari KPU RI 

Karenanya, melalui kegiatan Bimtek hari ini diharapkan dapat menambah informasi dan ilmu pengetahuan peserta  untuk lebih meningkatkan kualitas Laporan Keuangan terlebih PIPK  adalah sebuah Sistem yang dirancang secara spesifik untuk memberikan keyakinan yang memadai,  dan disusun sesuai dengan Standar Akutansi Pemerintah sehingga  kedepan kualitas Laporan Keuanagan khusus satker KPU se-NTB terus terjadi peningkatan.

Tampil sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut Auditor dari BPKP Provisni NTB dan Kepala Bagian Akutansi dan Pelaporan KPU RI, Aminsyah, SE.(KA-04)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini