Lantik Banom Pemuda NWDI Sumbawa, Ini Pesan Ketum Jamaluddin Malady

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Upaya memperkuat sayap organisasi Nahdatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI) di Tana Samawa ini terus dilakukan. 

Kali ini, salah satu Badan Otonom (Banom) organisasi yakni jajaran pengurus PC Pemuda NWDI di 24 Kecamatan se Kabupaten Sumbawa dilantik serentak untuk masa khidmat 2021-2024.

Pelantikan yang digelar di Ball Room Hotel Sernu Raya, Rabu (22/12/2021) tersebut untuk memperkuat peran Pemuda NWDI dalam pembangunan Daerah dengan semangat Kompak, Utuh dan Bersatu.

Ketua Umum PD NWDI Kabupaten Sumbawa Jamaluddin Maladi, ST., MT., kepada awak media menjelaskan, sejauh ini pihaknya sudah melantik dan mengambil sumpah 120 orang Pengurus Pemuda NWDI 24 Kecamatan se Kabupaten Sumbawa.

"Allhamdulillah, rasa syukur sekaligus bangga atas telah dituntaskan pembentukan dan pelantikan seluruh Pengurus Cabang NWDI Kecamatan dan organisasi sayap – Badan Otonom (Banom) NWDI Kabupaten Sumbawa, baik itu Muslimat NWDI, Pemuda NWDI, Ikatan Pelajar NWDI (IP NWDI), Himpunan Mahasiswa NWDI (Himmah), Maupun Persatuan Guru NWDI yang tersebar di Tana Samawa ini," ungkap Dea Guru  Jamal, sapaan akrab Kadis Perkim NTB ini.

Ia juga meminta kepada seluruh jajaran pengurus dan keluarga besar NWDI se Kabupaten Sumbawa untuk dapat melaksanakan empat misi besar dalam berkhidmat dan Ber-NWDI sesuai dengan pesan Tuan Guru.

Organisasi NWDI ini, terangnya, memiliki empat misi besar yang ditinggalkan oleh pendirinya Almagfurullah TGKH. Muhammad  Zainuddin Abdul Majid yang merupakan pahlawan nasional pertama di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Salah satunya, dalam bidang Pendidikan, supaya anak-anak  di NTB ini, bahkan masyarakat Indonesia itu harus pintar dan harus sekolah.

Dalam misi dakwah, sambungnya, ketika seseorang sudah pintar bersekolah di pondok pesantren, madrasah-madrasah yang sudah terbangun, aliyah, Tsanawiyah, ibtidaiyah maupun perguruan tinggi, termasuk yang ada di Sumbawa seperti STKIP Para Cendekia dan tersebar Ponpes serta madrasah NWDI di seluruh Kecamatan untuk dapat melaksanakan syiar agama (Fastabiqul Akhirat). 

Sementara itu, dalam misi bidang ekonomi yang harus dijalankan untuk berhikmad dan ber NWDI itu adalah masalah peningkatan ekonomi. Sebab jika sudah bersekolah pintar dan berpendidikan serta punya ilmu agama, tentu Pengurus NWDI, pemuda dan masyarakat yang tergabung semuanya di dalam NWDI, tidak harus mencari pekerjaan  sebagai pegawai negeri (ASN) antensi semata.

"Namun bisa saja menjadi pengusaha ataupun swasta, sebab mereka telah ditempa dan dilatih sebelumnya," cetusnya.

Terakhir misi keempat yakni masalah sosial, jika semuanya sudah pintar, sukses dan berhasil dalam bidang usaha ekonomi yang matang, sambung Jamal, tentu dari hasil pendapatan yang diperoleh bisa bersosial kepada masyarakat, terutama kaum dhuafa, fakir miskin, korban musibah banjir, sehingga jajaran NWDI akan tampil terdepan untuk dapat membantu dan peduli dengan sesama.

"Dalam hal ini, jajaran NWDI harus bersinergi dengan seluruh ormas Islam lainnya. dalam membantu serta mendukung program pembangunan yang dilaksanakan Pemda Sumbawa menuju Sumbawa Gemilang Yang Berkeadaban dapat diwujudkan secara bersama-sama,” pungkasnya.(KA-04)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini