KPU Sumbawa Gandeng Pemda Mutakhirkan Data Pemilih Berkelanjutan

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Menindaklanjuti surat Ketua KPU RI Perihal Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan, KPU Kabupaten Sumbawa menemui Bupati Sumbawa dalam rangka dukungan Pemda untuk memutakhirkan data pemilih berkelanjutan, Jum'at (07/05/2021).


Mewakili KPU, Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi--Muhammad Kaniti bersama Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan--Nurul Khairani, S.IP, memaparkan urgensi pemutakhiran data pemilih berkelanjutan (PDPB) di hadapan Bupati, Kadis Dukcapil--Jaya Kusuma dan Kadis DPMD--Varian Bintoro.

Muhammad Kaniti mengutarakan bahwa kegiatan PDPB tersebut memerlukan support penuh dari Pemda Sumbawa untuk menggerakan unsur pemerintahan hingga ke di jajaran bawah seperti Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa dan Kelurahan. Karena disadari bahwa KPU selaku pihak pengguna data memerlukan update data pemilih by polling station atau tempat pemungutan suara yang harus diupdate dan ditetapkan setiap bulan dalam rapat pleno.

Di satu sisi, kegiatan ini tidak didukung dengan adanya petugas pemutakhiran seperti pada saat Pilkada ataupun Pemilu. Maka peran petugas registrasi penduduk di tingkat bawah sangat diharapkan untuk membantu. 

"Tentu yang berwenang untuk menggerakan potensi sumber daya manusia tersebut adalah Bupati melalui OPD terkait dan Camat," jelasnya.

Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah, sangat menerima dan menyambut baik kegiatan PDPB oleh KPU secara Nasional khususnya di Kabupaten Sumbawa. Pasalnya, sangat dipahami bahwa data pemilih yang akurat dan mutakhir akan berpengaruh positif terhadap kualitas demokrasi. Apalagi kegiatan ini dilakukan setiap bulan.

Bupati pun mengintruksikan Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa--Varian Bintoro dan Kadis Dukcapil--Jaya Kusuma, agar berkolaborasi mensupport KPU Kabupaten Sumbawa.

"Coba Kadis DPMD dan Capil bersama-sama bantu KPU. Silahkan dicari caranya, gunakan potensi yang ada," pinta Bupati kepada kedua kepala OPD tersebut.

Kadis DPMD Sumbawa--Varian Bintoro, menyanggupi langsung dan akan bersinergi dengan KPU. Bahkan pihaknya berencana akan memaksimalkan fungsi sistem informasi desa (SID) untuk membantu distribusi data pemilih kepada KPU.

"Nanti kami akan manfaatkan SID di tiap Desa yang bisa digunakan untuk membantu kegiatan KPU," kata Varian Bintoro.

Begitu pula dengan Kadis Dukcapil, Jaya Kusuma, yang menyambut baik kegiatan PDPB. Pihaknya siap membantu KPU Sumbawa sebagai mitra setiap kegiatan Pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah.

Untuk diketahui, PDPB tujuannya untuk memperbaharui data pemilih seperti menambahkan pemilih baru yang belum terdaftar di daftar pemilih, pemilih yang sudah tidak memenuhi syarat, dan perubahan elemen data pemilih.(KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini