Bidang Cipta Karya KSB Segera Bangun IPAL Komunal di Lima Desa

Sebarkan:

Taliwang, KA.

Kepala Bidang Cipta Karya, Burhanuddin Harahap, ST. pada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Pemukiman (DPUPRPP) Sumbawa Barat mengaku masih menunggu transferan dana dari pemerintah pusat untuk pembangunan  Instalasi Pengelolaan Air Limbah (Ipal) Komunal pada  5 Desa wilayah setempat. 

" Ya, sejauh ini dana yang  bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tersebut masih kita tunggu transferannya. Jumlahnya sebesar Rp. 1.99 Miliar untuk pembangunan Ipal di Desa Tua Nanga Kecamatan Poto Tano, Desa Tambak Sari Kecamatan Poto Tano, Desa Banjar Kecamatan Taliwang, Desa Tapir Kecamatan Seteluk dan Desa Ai Suning di Kecamatan Seteluk," ungkap Burhanuddin. 

Dari dana itu, pihaknya kata dia akan membangun setidaknya 2 skala Ipal Komunal dengan biaya pembangunan sebesar Rp. 470 juta untuk 2 Desa. 

" Sedangkan dengan skala 25 dengan masing-masing pembangunan sebesar Rp. 350 juta untuk 3 Desa," imbuhnya. 

Meski masih menunggu transferan dana tersebut, pihaknya lanjutnya telah menetapkan dimana 

dalam pembangunan Ipal tersebut   tidak akan dipihakketigakan tetapi akan bekerjasama dengan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) setempat yang saat ini tengah dibentuk untuk proses pengerjaannya.

" Jadi dalam pembangunannya nanti kita bekerjasama dengan KSM. Tapi yang terpenting saat ini, kita harapkan agar pemerintah pusat segera mentransfer dana tersebut agar pembangunannya segera dapat dilaksanakan," cetusnya. 

IPAL komunal pada dasarnya banyak memiliki manfaat, diantaranya mengubah kebiasaan masyarakat menjadi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Mengolah Air Limbah domestik ataupun air limbah industri hingga nantinya bisa di gunakan kembali sesuai dengan kebutuhan masing-masing.  

“Jadi Ipal komunal ini sangat penting untuk mencegah kemungkinan tercemarnya air bersih oleh limbah domestik. Kedepan  pembangunan akan terus kita lakukan seiring dengan upaya pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan yang bersih dan sehat," pungkasnya. (KA-02)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini