Gempa Magnitudo 3,7 Guncang Sumbawa

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Gempa bumi tektonik berkekuatan Magnitudo 3,7 mengguncang Kota Sumbawa dan sekitarnya pukul 18.54.00 WITA, Kamis malam ini (25/03/2021).

Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III, Denpasar, Agus Wahyu Rahardjo, SP, melaporkan, hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=3,7. Episenter terletak pada koordinat 8,38 LS dan 117,39 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 12 km BaratLaut SUMBAWA-NTB,  pada kedalaman 10 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal," terangnya.

Dijelaskan, dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di Sumbawa Besar III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa seakan-akan nada truk berlalu).

"Hingga pukul 18.10 WIB, hasil monitoring BMKG tidak menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan," ujarnya.

Karenanya, ia mengimbau  masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram chanel (https://t.me/InaTEWS_BMKG), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.(KA-04)

 


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini