Kerugian Banjir Maronge Capai Ratusan Juta, BPBD Sumbawa Distribusikan Bantuan

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumbawa menyalurkan bantuan untuk korban banjir di tiga desa di Kecamatan Maronge, Sabtu (23/01/2021).

Plt, Kepala Pelaksana BPBD Sumbawa Muhammad Nurhidayat ST, dalam laporannya menyebutkan, bantuan logistik pangan  yang diserahkan kepada korban banjir pangan berupa makanan siap saji, air mineral dan minyak goreng  dan sebagainnya.

“Bantuan logistic pangan sudah kami distribusikan kepada korban banjir di Maronge,” ungkap Dayat, sapaan akrab pejabat low profile ini.

Diakui Dayat, sebanyak 193 Kepala Keluarga (KK) atau sekitar 772 warga di tiga desa yakni Maronge, Pemasar dan Simu terdampak banjir tersebut.

Sebanyak 1 unit rumah di Desa Simu roboh diterjang banjir. Selain itu, 4 unit  sepeda motor milik warga desa Simu hanyut disapu banjir. 

Selain itu, sekitar 300 hektare sawah milik warga terendam banjir dan terancam gagal tanam.

“Begitu juga 2 ekor ternak sapi milik warga Desa Pemasar hanyut dibawa banjir. Kerugian akibat banjir tersebut diperkirakan sebesar Rp 120 juta,” terang Dayat. 

Saat ini, sambunnya, warga korban banjir sangat membutuhkan bantuan air bersih, logistic pangan dan terpal. 


Seperti diberitakan, hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Sumbawa, termasuk Kecamatan Maronge, Jumat (22/01/2021) tadi mengakibatkan tiga Desa, yakni Desa Maronge, Simu, dan Pamasar terendam banjir.

Plt, Kepala Pelaksana BPBD Sumbawa Muhammad Nurhidayat ST., menyebutkan, akibat banjir tersebut, di 1 rumah roboh, dan 85 rumah warga terendam banjir di Desa Maronge.

“Banjir juga merendam 32 rumah terendam bajir dan 30 meter pipa air bersih rusak di Desa Pemasar. Begitgu juga di Desa Simu banjir merendam sedikitnya 50 rumah warga,” pungkasnya.(KA-01)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini