Distribusi Air Bersih ke Pulau Bungin Terkendala Jaringan Pipa

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Masyarakat Pulau Bungin saat ini masih kesulitan air bersih. Setiap hari harus membli air utk keperluan minum, masak,maupun MCK.

Camat Alas, M. Lutfi Makki, kepada awak media, menyebutkan, dari sekitar 1000 KK yang ada baru terlayani oleh PDAM sekitar 200 KK. 

"Itupun kondisi airnya belum normal, karena masih harus menggunakan mesin penyedot, sehingga masyarakat harus membayar dobel. Bayar ke PDAM, juga tambahan bayar listrik," ujar Luffi, sapaan akrab, pejabat low profile ini.

Salah satu upaya mengatasi kondisi itu, sambungnya, adalah dengan adanya bantuan mesin pompa air dari Plan Internasional, dengan sumber air dari sumur bor di dusun Tengkal Desa Dalam.

Hanya saja, terkendala jaringan pipa PDAM yang sudah banyak tersumbat atau bocor, sehingga perlu penggantian pipa. 

"Usia jaringan tersebut sudah terlalu tua, digunakan sejak tahub 80-an," tukasnya.

Karenanya, pada rapat koordinasi hari ini di Bagisn Pembangunan, dirancang upaya penggantian pipa. Sehingga air dari sumur bor tersebut bisa dialirkan secara optimal untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat Pulau Bungin.

"Sangat diharapkan adanya dukungan dari OPD terkait yakni Dinas PUPR dan PRKP untuk menanggulanginya," pungkasnya.(KA-01)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini