tayang 15/07/2020

Ditengah Pandemi, Partisipasi Pemilih Pilkada KSB Lampaui Target Nasional

Sebarkan:


Taliwang, KA.

Tingkat partisipasi pemilih dalam kontestasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Kabupaten Sumbawa Barat 2020 menembus angka 81,3 persen. Angka tersebut melebihi target partisipasi pemilih nasional sebesar 77,5 persen.

Ketua Divisi Tehnis Penyelenggara KPU Sumbawa Barat Jalaluddin,MP mengatakan menilik angka partisipasi pemilih yang melebihi target nasional di tengah masa pandemi COVID-19 tersebut, menunjukkan kesadaran masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya tinggi. Dan itu akan berpengaruh pada masa depan daerah.

" Alhamdulilah, capaian itu berkat hasil upaya sosialisasi dan pendidikan pemilih serta partisipasi semua elemen di Sumbawa Barat yang membuat angka partisipasi yang sangat baik," ucapnya.  

Jalal tak memungkiri capaian partisipasi pemilih diatas target nasional tersebut di luar dugaan pihaknya sebagai penyelenggara Pilkada. Sebab tantangannya cukup besar. Selain pelaksanaannya ditengah Pandemi Covid-19, kontestan Pilkada hanya dikuti satu Paslon. 

" Kita ( masyarakat ) KSB sudah  membuktikannya. Dimana umumnya daerah yang menyelengarakan Pilkada dan diikuti satu Paslon tingkat partisipasi pemilihnya justru dibawah target nasional," imbuhnya.  

Dengan tingginya partisipasi pemilih ini lanjut Jalal menunjukkan bahwa penerapan protokol kesehatan di seluruh tahapan meyakinkan pemilih untuk tidak khawatir datang ke tempat pemungutan suara (TPS).

" Ini juga membuktikan bahwa mulai dari tahapan pemutakhiran data, verifikasi faktual calon perseorangan, kampanye dan hari H (pencoblosan) tidak memunculkan kluster baru di Pilkada KSB," demikian Jalal. (KA-02)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini