Distribusikan Logistik Pilkada, KPU Prioritaskan Wilayah Terpencil dan Pulau

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa mulai mendistribusikan logistik Pilkada ke sejumlah wilayah, Sabtu (05/12/2020).

Dibawah pengawalan ketat  Personil Polres Sumbawa dan Bawaslu Sumbawa, KPU mulai mendistribusikan Perlengkapan Pemungutan dan Penghitungan Suara serta perlangkapan lainnya ke tingkat PPK.

“Logistik pilkada mulai kami distribusikan ke tingkat PPK, dengan skala prioritas terlebih dahulu ke wilayah terpencil yang sulit trasnportasinya seperti Kecamatan Batu Lanteh, Labuhan Badas, Ropang, Orong Telu dan Lunyuk,” ungkap Ketua KPU Sumbawa, M. Wildan MPd didampingi Sekretaris KPU Lahmuddin SE, Sabtu (05/12/2020).

Menurutnya, kesukses pelaksanaan Tahapan Pemungutan dan penghitungan suara tidak lepas dari kesiapan Logistik yang akan digunakan dalam pelaksanaan Pemungutan dan penghitungan Suara.

“Hari ini kami telah menuntaskan proses pengelolaan logistik baik Logistik untuk Pemungutan dan penghitungan Suara berupa Kotak Suara, Surat suara, Tinta, Bilik suara, segel dan alat untuk memberikan Tanda Pilihan serta perlengkapan lainnya,” terang Wildan.

Mengingat pelaksanaan Pilkada masih dalam masa Pandemi Covid-19, sambungnya, maka penerapan protokol Covid 19 dalam tahapan Pemungutan Suara mutlak harus dilaksanakan.

Karenanya, KPU Sumbawa juga telah penyiapan Logistik Alat Pelindung Diri bagi KPPS, PPS, maupun PPK, Alat pelindung diri yang mulai disitribusikan sejak 2 hari yang lalu berupa Masker, Face shield, Tempat cuci tangan dan lain sebagainya.

Kendati cuaca kurang bersahabat, Wildan berharap pendistribusian logistik berjalan aman lancar. Ia juga optimis seluruh Logistik yang akan digunakan pada hari Pemungutan Suara 9 desember 2020 mendatang diterima oleh penyelenggara di tingkat TPS paling lambat H-1  atau 8 Desember.

“Kami optimis semua logistik sudah siap di tingkat TPS pada H-1, tentunya dengan prinsip Tepat Jumlah, Tepat Jenis dan Tepat waktu,” tandas Wildan disela-sela kegiatan pelapasan distribusi Logistik di Kantor eks, Arpusda Sumbawa, Sabtu. 

Diakui Wildan, berbagai persiapan dilakukan oleh KPU Kabupaten Sumbawa untuk menyukseskan pelaksanaan tahapan Pilkada 9 Desember, baik dari teknis Penyelenggaraannya maupun dari sisi penyiapan Logistik.

Sisi Teknis Penyelenggaraan, sambungnya,  KPU Sumbawa telah tuntas membrikan Bimbingan Teknis sekaligus simulasi pelaksanaan Pemungutan dan penghitungan Suara kepada Anggota kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

”Alhamdulillah kami telah selesai membrikan Bimbingan Teknsi sekaligus simulasi tata cara pemungutan suara dan penghitungan suara kepada Penyelenggara baik ditingkat PPK, PPS maupun KPPS,” ujarnya.

Ia berharap kepada penyelanggara tersebut memperoleh pemahaman yang utuh tentang tugas tugas mereka sebagai Penyelenggara Pilkada Tahun 2020. 

Khususnya, pemahaman tentang tata cara pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan suara, sehingga tahapan pemungutan dan penghitungan suara dapat berjalan sebagaiamana ketentuan yang berlaku.

“Bimtek dan simulasi tersebut dipusatkan di Kecamatan masing-masing. Alhmadulilah kegiatan tersebut berlangsung aman dan lancar,” pungkasnya.(KA-01)





Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini