Polisi Gagalkan Aksi Curanmor, Pelaku Nyaris Babak Belur Dihajar Massa

Sebarkan:

Lombok Barat, KA.

Kesigapan personil Polres Lombok Barat mendapat apresiasi dari masyarakat. Pasalnya, petugas berhasil menggagalkan aksi pencurian sepeda motor sekaligus menyelamatkan nyawa terduga pelaku dari amukan masa.

Aksi heroik itu dilakukan petugas saat Operasi Zebra Rinjani 2020 di Desa Rumak, Kecamatan Kediri bersama Instasi terkait yakni kegiatan Himbauan Simpatik atau tanpa penindakan.


Kasat Lantas Polres Lombok Barat Iptu Rita Yuliana, S.I.K., M.M.,mengatakan peristiwa tersebut terjadi ketika Personel Operasi Zebra Rinjani Polres Lombok Barat melakukan himbauan.

“Saat itu, jajaran Ops Zebra Rinjani Polres Lombok Barat sedang membagikan masker dan hand Sinitizer kepada pengendara yang tertib, tiba-tiba dari arah Mataram ada sepeda motor Honda Beat yang diteriaki oleh warga,” ungkapnya.

Teriakan warga tersebut, spontan menarik perhatian petugas yang sedang melaksanakan Operasi.

“Warga teriak ‘maling maling’ dari arah jauh, anggota saya Aipda Yusuf langsung spontan menghentikan aksi terduga pelaku pencurian sepeda motor tersebut,” ujarnya.

Personel Satuan Lalulintas Polres Lombok Barat ini, sambungnya,  sudah berupaya untuk menghentikan kendaraan tersebut, namun tidak diindahkan oleh terduga pelaku.

“Sehingga langsung mengambil ancang-ancang, kemudian menendang kendaraan roda dua tersebut. Setelah ditendang, pencuri tersebut kemudian terjatuh di aspal,” ungkapnya.

Terjatuh dari sepeda motor yang diduga merupakan hasil curian tersebut, pelaku panik dan langsung melarikan diri ke salah satu rumah warga.

“Setelah terjatuh, bukannya menyerahkan diri ke Polisi malah sembunyi ke salah satu rumah Warga,” imbuhnya.

Bukannya mendapat perlindungan dari warga, terduga pelaku malah nyaris dihakimi oleh warga setempat yang berang atas ulah terduga pelaku.

“Kemudian anggota yang melaks ops zebra bersama-sama langsung mengejar dan mengamankan pelaku untuk mengantisipasi amukan warga,” jelasnya.

Saat dikonfirmasi, Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus S. Wibowo, SIK membenarkan jajarannya berhasil menggagalkan dugaan aksi pencurian sepeda motor ini.

“Terduga pelaku saat ini sudah diserahkan kepada Satuan Reserse Kriminal Polres Lombok Barat untuk diproses lebih lanjut,” ungkapnya.

Hasil pemeriksaan awal, pelaku mengakui beraksi seorang diri dan dikejar oleh pemilik kendaraan dan masih dimintai keterangan.

“Baik terduga pelaku maupun korban sedang dimintai keterangan di Satuan Reserse Kriminal Polres Lobar, termasuk Barang Bukti berupa Sepeda Motor Beat telah berhasil diankan,” pungkasnya.

Sementara itu, viralnya peristiwa kebrehasilan polisi dalam menggalkan aksi Curanmor ini, Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol. Artanto, S.I.K., M.Si., angkat bicara.

“Kami imbau agar masyarakat tetap tenang dan menyerahkan proses hukumnya kepada pihak Kepolisian,” imbaunya.

Kabid humas juga menghimbau dalam momen Operasi Zebra ini untuk mematuhi tentang tertib dalam berlalulintas.

“Walaupun Operasi Zebra Rinjani Kali ini bentuknya dalah kegiatan simpatik, agar tetap tertib dalam berlalulintas, termasuk dalam penerapan Protokol Kesehatan juga ini sangat penting,” pungkasnya.(KA-04)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini