tayang 15/07/2020

Hebat, Proyek SPAM “Ai Ngelar” Bakal Rampung Sebelum Desember

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Proyek pembangunan sumber mata air baku (SPAM) “Ai-Ngelar” di Dusun Selang Desa Kerekeh Kecamatan Unter Iwes Sumbawa, NTB, senilai Rp 11 miliar tahun 2020 ini ditargetkan rampung sebelum kontrak berakhir Desember mendatang.


Optimisme itu cukup beralasan, ungkap   Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) BWS-NT1 Adi Susianto ST M.Eng, kepada awak media, sebab kontraktor pelaksana PT Fikri Bangun Persada telah menuntaskan seluruh pekerjaan mayor proyek bersumber dari APBN melalui Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara I (BWS-NT1) tersebut.

“Progres fisik proyek SPAM “Ai Ngelar” sampai saat ini telah mencapai 96 persen, sehingga kami sangat optimis proyek itu rampung sebelum kontrak berakhir Desember mendatang,” tukasnya. 

Hingga minggu ketiga Nopember 2020 ini, terang Adi Susianto, hasil pekerjaan  lapangan menunjukkan kemajuan pesat hingga mengalami deviasi plus. Sebab kontraktor pelaksana menggenjot pelaksanaan pekerjaannya dengan mematuhi schedule yang ditetapkan. Selain dukungan tenaga kerja, peralatan dan pasokan material dalam keadaan ‘on site’.

Semua tahapan pekerjaan, sambungnya, bak penampungan, reservoir dan Instalasi Pengolahan Air (IPA) serta pekerjaan pelintasan maupun penyambungan, pemasangan dan penanaman pipa dengan target sepanjang 8 Km sudah tuntas. 

“Praktis pekerjaan tinggal 4 persen saja, yakni pekerjaan finishing, perbaikan, perapian dan pembersihan,” paparnya.


Jika melihat progres fisik yang dihasilkan, sambungnya, sejauh ini proyek terebut sudah berjalan ‘on the track’ sesuai schedule, sehingga ia sangat optimis paling tidak minggu kedua Desember 2020 mendatang seluruh pekerjaannya sudah bisa dituntaskan sebagaimana yang diharapkan.

Karenanya, ia menyampaikan apresiasi kepada kontraktor pelaksana PT Fikri Bangun Persada yang telah melaksanakan pekerjaan proyek dengan baik.

“Terima kasih tak terhingga kami sampaikan atas dukungan semua pihak dan warga setempat sehingga proyek ini berjalan lancar sesuai harapan,” ucapnya.

Dikatakan, untuk pekerjaan lanjutan pembangunan jaringan pipa distribusi tahun anggaran 2021 mendatang, informasinya akan ditangani melalui bidang Cipta Karya.

“Sebab tugas BWS-NT1 hanya untuk pekerjaan awal pembangunan SPAM “Ai Ngelar” itu saja,” pungkasnya.


Ditemui terpisah, Kabid Air Bersih dan Penyehatan Lingkungan Pemukiman Dinas PRKP Sumbawa, Erma Hadi Suryani ST, menambahkan terkait pembangunan lanjutan SPAM “Ai Ngelar” tersebut, pihak PRKP Sumbawa telah berkordinasi dan kegiatan ekspose di Mataram bersama Pemprov NTB.

“Setelah  itu akan dilanjutkan dengan kegiatan ekpose laporan akhir pekan mendatang. Diharapkan, pembangunan SPAM Air Ngelar ini dapat berlanjut pada tahun 2021 mendatang, yakni pembangunan jaringan air bersih untuk pelanggan,” pungkasnya.(KA-01)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini