Dishub Sumbawa Kembali Usulkan Pengadaan Kapal Penumpang Rp 2 Miliar

Sebarkan:
Dermaga Pulau Medang Kecamatan Labuhan Badas, Sumbawa (foto dok KA)

Sumbawa Besar, KA.

Pemkab Sumbawa melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Sumbawa mengusulkan pengadaan satu unit kapal pelayaran khusus penumpang senilai Rp 2 miliar pada tahun anggaran 2021 mendatang.


“Salah satu program untuk tahun 2021 kami akan mengusulkan kembali pengadaan kapal pelayaran kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan RI,” ungkap Sekretaris Dinas Perhubungan Sumbawa, Hamsan SH, kepada awak media, Kamis (19/11/2020).

Diakui Hamsan, sapaan akrabnya, pengadaan kapal pelayaran tersebut dalam rangka menunjang pengembangan kawasan strategis nasional SAMOTA. Selain untuk memperlancar arus transportasi Tol laut dari Sumbawa dan ke pulau-pulau kecil di sekitar perairan Sumbawa.

“Apalagi sebelumnya sudah dibangun sejumlah dermaga di Pulau Moyo dan Medang sebagai dermaga pengumpan,” tukasnya. 

Diakuinya, tahun anggaran 2020 ini pihaknya sudah telah mengusulkan melalui DAK Pusat uuntuk pengadaan kapal pelayaran tersebut. Hanya saja, karena terjadi refocusing anggaran bagi penanganan Covid-19 sehingga program tersebut dipending.

“Kami coba usulkan  lagi pada tahun anggaran 2021 mendatang. Semoga Pemerintah Pusat kembali mengalokasikan anggarannya sehingga apa yang menjadi harapan Pemda dan masyarakat Sumbawa dapat direalisasikan,” harapnya.

Sesuai spesifikasi, terang Hamsan,  kapal tersebut, diperuntukkan hanya untuk penumpang bukan angkutan barang. Kedepan, kapal tersebut diharapkan bisa menunjang tol laut dengan melayani rute dari dan ke Sumbawa menuju pulau Medang, pulau Moyo dan pulau kecil lainnya dengan sistem pengelolaan kapal tersebut akan diserahkan kepada Bumdes.

“Karena untuk kelancaran arus transportasi tol laut Sumbawa, maka kami optimis Kemenhub akan menjadikannya skala prioritas tahun 2021 mendatang. Kami minta doa dan dukungan masyarakat semoga bisa terwujud,” pungkasnya.(KA-01)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini