Danrem 162/WB : Maksimalkan Pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2020 di NTB

Sebarkan:


Mataram, KA.

Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., bersama Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, Wakapolda NTB, Sekda NTB da Ketua Bawaslu NTB menyambut kunjungan kerja Wakil Ketua DPD RI Dr. H. Mahyudin beserta rombongan di ruang rapat utama Kantor Gubernur NTB, Selasa (17/11/2020).

Kunjungan Wakil Ketua DPD RI bersama rombongan dalam rangka Pengawasan Tahapan Pilkada Serentak Tahun 2020 di wilayah Prov NTB.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Ketua DPD RI Dr. H. Mahyudin menyampaikan ditengah Pandemi Covid-19 ini, kita akan menggelar Pilkada serentak di seluruh Indonesia yang membutuhkan perhatian, keamanan dan keselamatan yang tidak bisa ditawar-tawar.

"Jangan sampai penyelenggara dan masyarakat tertular Covid-19 yang menimbulkan klaster baru yakni klaster Pilkada," ujarnya.

"Masing-masing TPS harus disiapkan masker, sarung tangan dan handsanitizer untuk petugas TPS dan masyarakat." Tambahnya.

Mahyudin juga berharap agar seluruh pihak  menjaga keberlanjutan tahapan Pilkada yang jujur, adil dan demokratis serta tidak ada diskriminasi antar Paslon.

Sedangkan, Danrem 162/WB pada kesempatan yang sama memaparkan berdasarkan instruksi Komando Atas, TNI di daerah siap mendukung dan memback up Polri dalam pengamanan Pilkada serentak tahun 2020 seperti pengamanan Pilpres dan Pileg tahun 2019 lalu yang berjalan aman, tertib dan lancar. 

"Kesuksesan itu tentu karena adanya koordinasi dan sinergitas yang baik antara Korem dengan Polda NTB yang telah berbuat maksimal dalam mengawal pelaksanaan Pemilu," ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya akan menyiapkan personel untuk memback up Kepolisian dalam pengamanan Pilkada serentak di tujuh Kabupaten/Kota di Provinsi NTB.

Ahmad Rizal juga menegaskan dalam pelaksanaan Pilkada serentak nanti harus lebih ketat mengingat tingkat kerawanan Pilkada justru lebih tinggi dari pada Pilpres karena Paslon dan pendukungnya berada di dalam satu wilayah yang sama.

Sementara Wakil Gubernur NTB Dr. Sitti Rohmi Djalilah menyampaikan dalam menghadapi Pilkada serentak tahun 2020 di tujuh Kabupaten/Kota di NTB, Pemprov NTB bersama TNI, Polri dan seluruh stakeholder sejak awal sudah memiliki komitmen untuk menyelenggarakan Pilkada serentak dengan mengedepankan dan mematuhi protokol kesehatan Covid-19. 

Komitmen tersebut diawali dengan mengundang seluruh bakal calon sebelum mereka ditetapkan sebagai calon untuk membuat komitmen yang memiliki sanksi pidana bahwa selama proses Pilkada, mereka harus mematuhi protokol Kesehatan Covid-19.

Selain itu, Wagub juga berharap sinergitas Pemda, TNI dan Polri dalam pengawalan dan pengamanan Pilkada sangat dibutuhkan dengan harapan Pilkada dapat berjalan dengan sesuai harapan kita bersama.(KA-04)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini