tayang 15/07/2020

Calon Tunggal, KPU KSB Tetap Gelar Uji Publik

Sebarkan:


Taliwang, KA.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa Barat  memastikan akan menggelar debat calon pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020. Debat calon tetap digelar meski kabupaten Sumbawa Barat hanya memiliki satu calon.

" Ya, meski hanya ada calon tunggal, namun kita tetap mengadakan debat publik yang akan dilaksanakan sebanyak 2 kali, yakni pada 21 November dan 3 Desember mendatang,” jelas Ketua KPU Sumbawa Barat, Denni Saputra, S.Pd, Senin.

Dalam debat publik tersebut, warga masyarakat bisa mengajukan pertanyaan. Pertanyaan tersebut akan menjadi bahan dari panelis untuk mengajukan pertanyaan kepada pasangan calon.

“ Panelis ditunjuk dari kalangan akdemisi dan praktisi yang memiliki integritas, jujur dan simpatik serta tidak memihak pada paslon. Sementara Moderator hanya bertugas memandu jalannya debat, membantu mengarahkan agar acara berjalan dengan baik, tidak boleh memberikan komentar, opini dan kesimpulan terhadap jawaban atau tanggapan masing masing pasangan calon," ucapnya. 

Disinggung mengenai tema yang akan ditanyakan dalam debat publik tersebut, Deni mengaku sudah mempersiapkannya. Tema tersebut dalam proses penetapannya bahkan sudah mendapat persetujuan dari setiap tim kampanye pasangan calon. 

" Debat dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama temanya soal   kemandirian pangan, kemandirian ekonomi, kemandirian infrastruktur dan lingkungan hidup. Sementara sesi kedua soal daya saing sumber daya pemerintahan, pemerintahan dan pelayanan publik serta sosial dan masyarakat,"jelasnya. 

Lanjut Deni, yang terpenting dalam pelaksanaan debat publik itu juga diterapkan protokol kesehatan secara ketat. Pihaknya membatasi jumlah peserta yang hadir.

" Masyarakat bisa menyaksikan secara langsung siaran di media partner, sehingga juga bisa lebih memahami tentang visi misi pasangan tersebut. Harapannya,  dengan debat publik tersebut semakin bisa meningkatkan angka partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2020," pungkasnya. (KA-02)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini