tayang 15/07/2020

Libur Panjang, Pemkab KSB Tingkatkan Pengawasan dan Pencegahan Penularan Covid-19

Sebarkan:

Taliwang, KA.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian bergerak cepat menggelar rapat koordinasi (Rakor) dengan seluruh kepala daerah dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Indonesia untuk mengantisipasi libur cuti bersama pada minggu depan.

Kegiatan “Rapat Koordinasi Antisipasi Libur Panjang Cuti Bersama Maulid Nabi Muhammad SAW” itu dilakukan secara virtual pada Kamis, (22/10/2020,  sementara di Kabupaten Sumbawa Barat, Rakor tersebut dihadiri Asisten I Setda KSB, Hirawansyah, S.H., M.H di Ruang Rapat Utama Graha Fitrah.

" Ya, Rakor tersebut dalam rangka mengantisipasi terjadinya kerumunan massa dan mencegah meluasnya wabah Covid-19 pada saat cuti bersama peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada tanggal 29 Oktober 2020," ungkap Hirawan. 

Hirawan  menyampaikan, yang menjadi penekanan Mendagri dalam Rakor tersebut yakni bahwa dalam menghadapi Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama, seluruh stakeholders mulai dari Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Daerah perlu mengantisipasi mobilitas masyarakat yang tinggi. Kerawanan yang cukup tinggi juga harus diantisipasi. Melihat mungkin akan terjadinya perilaku masyarakat yang tidak sejalan dengan kebijakan pokok pemerintah saat ini yakni mengenai protokol kesehatan. 

" Kerumunan massa yang berpotensi terjadinya penularan yakni pada transportasi umum, tempat-tempat rekreasi, bahkan pada saat perayaan Maulid Nabi. Kerumunan tersebut perlu diantisipasi agar tidak menjadi pusat-pusat penularan," jelasnya. 

Panjangnya hari libur tersebut akan berpotensi membuat mobilitas masyarakat melonjak. Untuk itu, mengingat situasi saat ini di tengah pandemi, antisipasi ekstra perlu dilakukan. 

" Antisipasi tentu akan kita tingkatkan mulai dari pengamanan, pengaturan arus lalu lintas, hingga pencegahan penularan Covid-19," pungkasnya. 

Seperti diketahui, berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB)  3 Menteri yang ditetapkan pada tanggal 20 Mei 2020, menyatakan bahwa hari libur Nasional bulan Oktober jatuh pada tanggal 29 Oktober 2020 yang merupakan Maulid Nabi Muhammad SAW. Sementara  Cuti Bersama ditetapkan pada tanggal 28 dan 30 Oktober 2020. Tiga hari tersebut jatuh pada hari Rabu, Kamis, dan Jumat. (KA-02)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini