tayang 15/07/2020

KPU Sumbawa Sebut Tes Kesehatan Bapaslon Berjalan Lancar

Sebarkan:

Ketua dan Komisioner KPU Sumbawa Saat Melakukan Monitoring di RSUD Propinsi NTB.(foto KA)

 Sumbawa Besar, KA.

KPU Sumbawa melakukan monitoring pelaksanaan Pemeriksaan Kesehatan bagi Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa tahun 2020, di RSUD Propinsi NTB di Mataram, sejak 4 - 6 September 2020.

Ketua Divisi  Sosialisasi, SDM dan Parmas KPU Sumbawa, M Ali kepada awak media, Kamis (10/09/2020), menyatakan, untuk sementara ini proses Pemeriksaan Kesehatan bapaslon berjalan lancer.

“Tidak ada kendala bagi tim pemeriksa kesehatan untuk bapaslon bupati/wakil bupati pada pilkada Kabupaten Sumbawa 2020, kecuali hanya jadwal waktu pemeriksaan yang dinormalisasi sesuai kondisi agar ada waktu tim pemeriksa kesehatan dan bapaslon dapat istrirahat,” ungkapnya. 

Sesuai jadwal, sambungnya, pemeriksaan kesehatan untuk Bakal pasangan calon peserta pada Pilkada Sumbawa, pada tanggal 6 September 2020 bapaslon yang lakukan pemeriksaan kesehatan antara lain pasangan H.Mo-Novi dan Ir.Talif- Sudirman.

“Bapaslon yang melakukan pemeriksaan pada tanggal 6 September berjalan lancar dan sudah selesai,” ujarnya. 

Untuk 8 September, terang Ali, ada dua bapaslon yang menjalani pemeriksaan kesehatan antara lain, bapaslon H.Husni -Ikhsan dan bapaslon Nur-Salam. Kemudian pada 9 September bapaslon Ir. Jarot- Mokhlis melakukan pemeriksaan kesehatan.

Sementara itu, bapaslon H.Husni-Ikhsan dilanjutkan pemeriksaan kesehatan pada tanggal 9 September karena belum bisa selesai pada tanggal 8 September. Sedangkan bapaslon Ir. Jarot- Muohlis dilanjutkan pemeriksaan kesehatan pada tanggal 10 september karena belum bisa selesai pada tanggal 9 September.

“Sebab ada sejumlah bapaslon dari Kabupaten/kota lain melakukan pemeriksaan kesehatan pada hari yang sama sehingga dengan pertimbangan kondisi stamina tim pemeriksa kesehatan sehingga dilanjutkan pada hari berikutnya,” ungkapnya. 

Diakuinya,  hal paling penting hasil pantauan pengawasan pihaknya, semua Bapaslon yang telah mendaftar dan diterima oleh KPU Sumbawa untuk mengikuti Pilkada Sumbawa 2020 telah melaksanakan pemeriksaan kesehatan sesuai tahapan, jadwal dan mekanisme pemeriksaan kesehatan yang ditetapkan sehingga tidak ada kendala dari bapaslon itu sendiri. 

Selanjutnya, kata Ali, setelah semua bapaslon telah menyelesaikan proses pemeriksaan kesehatan, akan dilanjutkan dengan penyerahan hasil pemeriksaan kesehatan bapaslon Bupati/Wakil bupati dan Wali Kota/Wakil Wali Kota kepada masing-masing KPU Kabupaten/kota khususnya KPU Sumbawa yang menyelenggarakan Pilkada Serentak Lanjutan 2020. 

Secara normal, terang Ali, untuk jadwal penyerahan hasil pemeriksaan kesehatan semua bapaslon tetap mengacu pada jadwal sebagaimana diatur yang InsyaAllah akan dilaksanakan pada 11- 12 September 2020. Namun jadwal itu belum bisa dipastikan karena jadwal pemeriksaan kesehatan masih berjalan sejak tanggal 4-11 September 2020. 

“KPU Kabupaten Sumbawa saat ini sedang dalam proses verifikasi syarat calon dan hasil pemeriksaan kesehatan merupakan salah satu syarat calon bupati/wakil bupati Kabupaten Sumbawa,” tukasnya. 

Pada kesempatan  itu, Ali juga  berharap kepada seluruh pemilih di Kabupaten Sumbawa dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa tahun 2020 tetap patuh menjalankan protokol covid-19, yakni  tetap gunakan masker, jaga jarak, jaga pola hidup sehat.

“Serta jaga kondusifitas daerah, ingat akhir tahun ini agenda bersama kita semua jangan lupa Nyoblos pada tanggal 9 Desember tahun 2020, cukup 5 detik Nyoblos dalam bilik suara di TPS tempat anda terdaftar sebagai pemilih,” cetusnya.(KA-01)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini