Wujudkan Lapas Bersih Narkoba, Puluhan Pegawai Lapas Dites Urine

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.
Sebanyak 76 pegawai Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Sumbawa melakukan Tes Urin bekerjasama dengan BNNK Sumbawa, Selasa, (30/06/2020).
Kegiatan yang dipimpin langsung Kepala Lapas Kelas IIA Muhammad Fadli Amd, Ip, S.Sos, MM itu digelar untuk mewujudkan Lapas bersih dari Narkoba.
Dijelaskan, kegiatan lapas bersih narkoba (Bersinar) tersebut merupakan program dari Kemenkumham RI yang diteruskan hingga kejajaran paling bawah. Sejak awal ia bertugas di Sumbawa pihaknya telah berkomitmen untuk pemberantasan narkoba dan mencegah narkoba masuk kedalam lapas.
Selain  tes urine seluruh jajarannya, sambungnya, pihaknnya juga telah melakukan upaya pemberantasan narkoba kepada warga binaan di dalam lapas.
 “Upaya pencegahan narkoba tentunya kita awali kepada jajaran kita terlebih dahulu, baru kepada warga binaan, dan kegiatan yang bekerjasama dengan pihak BNNK Sumbawa ini bukan kali ini saja, harus terus berkesinambungan, termasuk melakukan tes urine terhadap warga binaan dan rehabilitasi.” Ungkap M Fadli.
Disamping itu, terangnya, pihak lapas juga selalu memberikan himbauan kepada pegawai maupun warga binaan akan bahaya penyalahgunaan narkoba. Hal itu, sesuai dengan Inpres No2 Tahun 2020 terkait pemberantasan dan penyalahgunaan narkoba. Hal itu bukti dari implementasi dari inpres tersebut di Lapas Kelas IIA Sumbawa.
 “Sengaja hari ini kita kumpulkan seluruh staf dengan alasan ada rapat staf, kami sebelumnya tidak memberitahukan bahwa hari ini ada kegiatan tes urine. Kami berharap kedepan lapas Kelas IIA bebas dan bersih dari narkoba dengan tetap bersinergi dengan pihak BNNK Sumbawa,” cetusnya.
Terkait hasil dari tes urine yang dilakukan oleh BNNK Sumbawa nantinya, jika ditemukan pegawai yang positif mengkonsumsi narkoba, maka akan diberikan tindakan tegas dari proses rehabilitasi hingga proses pemecatan. Hal itu semua akan disesuaikan dengan besar kecil kesalahan yang dilakukan. Begitu juga dengan warga binaan yang didapati positif mengkonsumsi narkoba, maka akan diberikan sanksi juga.
”Saya sangat tegas dan tidak main-main dalam pemberantasan narkoba ini khusus di Lapas Klas IIA ini,” tegasnya..
Sementara itu, Kepala BNNK Sumbawa melalui Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNNK Sumbawa Noersyafruddin A.Md mengatakan, kegiatan ini merupakan komitmen bersama dengan Lapas Kelas IIA Sumbawa dalam memerangi narkoba dan menginginkan sebuah lapas yang bersih akan narkoba, menginggat lapas Klas IIA Sumbawa telah diwacanakan akan menjadi lapas narkoba se-Pulau Sumbawa.
Melalui kemitraan yang terjalin selama ini dalam pemberantasan narkoba sudah tentu BNNK Sumbawa ingin melihat kesungguhan pihak Lapas dalam upaya memerangi narkoba, dari pagawai hingga dengan warga binaan, sudah tentu dengan dukungan penuh dari pihak BNNK Sumbawa.
Kegiatan ini, menurur Nur, bukanlah kegiatan yang hanya bersifat sementara, akan tetapi akan tetap dilakukan upaya-upaya lainnya dengan tetap melakukan pemantauan segala bentuk yang membuat lapas tersebut kurang Bersinar.
”Jadi kita mendorong apapun upaya yang dilakukan oleh Lapas, bukan saja hanya tes urine, melainkan upaya lainnya seperti pembinaan mental, rohani, rehabilitasi dan pasca rehab. Semoga komitmen ini akan tetap dipertahankan dan berjalan sesuai yang diharapkan.” Pungkasnya.(KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini