tayang 15/07/2020

Mantap, Semua OPD Dilibatkan dalam Pilkades Serentak

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.
Sebanyak 119 Desa di 23 Kecamatan di Kabupaten Sumbawa melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada hari ini Rabu 4 Maret 2020. Dalam pelaksanaannya, seluruh OPD yang ada dilibatkan untuk melakukan pemantauan.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa Varian Bintoro kepada wartawan usai pertemuan dengan Bupati Sumbawa, Selasa (3/3), menyebutkan, Bupati menginstruksikan OPD untuk membackup pelaksanaan Pilkades. Mengingat cukup banyaknya Desa yang melaksanakan Pilkades serentak tahun ini.
‘’Setelah rapat dengan Pak Bupati kita diminta berkoordinasi dengan OPD. Semua OPD untuk membacup pelaksanaan Pilkades di Kecamatan yang melaksanakan. Karena terlalu banyak, di 23 Kecamatan. Kalau tahun 2018 sudah ada pelaksanaan Pilkades serentak, tapi hanya 25 desa saat itu, jadi bisa terbackup oleh kami,’’ terangnya.
Menurutnya, pelibatan seluruh OPD dalam pesta demokrasi juga pernah dilakukan saat pelaksanaan Pemilihan Gubernur lalu.
‘’Seperti dulu waktu Pilgub, Pak Bupati memerintahkan semua OPD untuk memantau pelaksanaannya,’’ tutur Varian.
Lebih jauh dijelaskan, semua OPD nantinya melakukan monitoring terhadap pelaksanaan Pilkades. Ketika nantinya ada kemungikinan terjadi konflik di lapangan, OPD akan menjadi fasilitator antara masyarakat, calon kades, BPD, juga panitia Pilkades.
‘’Itu yang kita sampaikan ke OPD, ada arahan Pak Bupati apa hal-hal yang bisa dilakukan OPD. Kita juga memberikan petunjuk ke OPD apa yang harus dilaksanakan di lapangan, juga batasan-batasannya, berdasarkan arahan Pak Bupati. Jadi OPD ini bisa menjadi fasilitator kalau ada hal-hal lain di lapangan,’’ tukasnya.
Seluruh OPD ini juga tetap berkoordinasi dengan Camat di 23 Kecamatan. Untuk bersama-sama melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan Pilkades ini. ’’Dengan pihak penegak hukum juga kita berkoordinasi, kita berkoordinasi dengan Pak Kapolres, Pak Dandim, sehingga nanti tim OPD itu bisa satu persepsi. Kalau misalnya ada kejadian diluar urusan inti pelaksanaan pilkadesnya, itu langsung dengan pihak Kepolisian. Intinya kita tetap harapkan jaga kondisifitas pelaksanaan Pilkades ini,’’ pungkasnya. (KA-01)












Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini