tayang 15/07/2020

Dinas PUPR Segera Tangani Jalan Ambruk Akibat Longsor di Bangkong

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.
BPBD dan Dinas PUPR Kabupaten Sumbawa langsung turun lokasi untuk mengecek kerusakan jalan di Dusun Bangkong Desa Karang Dima Kecamatan Labuhan Badas, yang rusak akibat diterjang longsor. Pengecekan dan pendataan dilakukan, untuk mengetahui seberapa parah kerusakan yang terjadi, untuk kemudian merencanakan penanganan.
Kepala Dinas PUPR Sumbawa H Rosihan kepada awartawan mengungkapkan, jalan tersebut sebelumnya juga sudah ditangani melalui pekerjaan rutin di tahun 2019. Sementara berdasarkan hasil peninjauan lokasi terhadap kerusakan yang terjadi, jalan rusak tersebut membutuhkan penanganan khusus, dengan anggaran lebih besar dari penanganan sebelumnya.
‘’Perlu penanganan khusus dengan anggaran yang lebih besar. Tim teknis Bina Marga PUPR segera akan menganalisa dan menghitungnya,’’ tuturnya, Sabtu (4/1).
Meski begitu, pihaknya tetap berupaya dilakukan penanganan sementara untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan yang cukup besar. Dari hasil pembahasan dengan tim teknis, kerusakan dapat dibenahi dengan pemasangan bronjong. Hanya saja, saat ini pihaknya tidak memiliki stok.
Terkait bronjong, pihaknya sudah dari jauh-jauh hari meminta bantuan kepada BWS NT-1, namun belum ada tanggapan.
‘’Seandainya permintaan sudah direspon, bronjong dapat kita gunakan sementara untuk kebutuhan ini,’’ terangnya.
Atas masalah itu, pihaknya sudah mengupayakan langkah lain dengan menghubungi Balai Jalan Nasional agar dapat dibantu meminjamkan stok bronjong yang dimiliki. Supaya jalan setempat bisa segera tertangani, karena memang kondisinya darurat.
‘’Sudah telpon ke Balai Jalan Nasional. Stok bronjong ada, tapi khusus untuk penanganan jalan nasional. Kita juga sudah coba pinjam karena situasi darurat untuk jalan Kabupaten, ternyata tidak bisa. Tapi disarankan bersurat ke Balai Jalan Nasional, yang ditandatangani oleh Pak Bupati. InsyaAllah segera ditindaklanjuti,’’ pungkasnya. (KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini