tayang 15/07/2020

Benahi Jaringan Irigasi Pulau Sumbawa, Pemerintah Gelontorkan Anggaran Rp 80 Miliar

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.
Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia dan Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara 1 (BWS-NT1) dalam tahun anggaran 2020 ini kembali menggelontorkan dana APBN sekitar Rp 80 Miliar untuk menunjang 4 paket proyek pembangunan dan pembenahan jaringan irigasi di Kabupaten Dompu dan Bima minus Kabupaten Sumbawa.
Pengendali Teknis Irigasi dan Rawa II SNVT-PJPA NT1 Sumbawa Rianto ketika dikonfirmasi awak media, menyebutkan, sesuai informasi yang diperoleh dari PPK dan sesuai dengan DIPA tahun 2020, maka untuk menunjang kegiatan pembangunan dan pembenahan jaringan irigasi di Pulau Sumbawa dialokasikan anggaran sekitar Rp 80 miliar Miliar yang diperuntukkan bagi pembiayaan paket proyek yakni,  meliputi tiga paket untuk proyek pembangunan jaringan irigasi kiri kanan Bendungan Tanju dan Katua Kabupaten Dompu, serta satu paket untuk Bendungan Parado Bima.
Sedangkan untuk Kabupaten Sumbawa untuk tahun ini, terang Rianto, tidak ada kegiatan karena telah dilaksanakan pada tahun 2019 lalu berupa penanganan dan pembenahan khusus pengamanan tanggul sungai jaringan irigasi tambak dilokasi Desa Labuan Bontong Kecamatan Empang Sumbawa yang menyerap anggaran sekitar Rp 3 Miliar, bersamaan dengan dua paket proyek pembangunan jaringan irigasi kiri dan jaringan irigasi kanan Bendungan Tanju Kabupaten Dompu senilai Rp 67 Miliar yang telah dinyatakan tuntas pembangunannya sejak Nopember dan Desember tahun lalu.
Rianto menjelaskan, keempat paket proyek pembangunan dan pembenahan jaringan irigasi tahun 2020 tersebut, saat ini tengah dilakukan persiapan melengkapi sejumlah dokumen untuk pelaksanaan tender secara terbuka di Provinsi.
“Jika proses tendernya rampung, maka action lapangan dapat segera dilakukan oleh kontraktor pelaksana pemenang tender,” ujarnya.
Karenanya, dukungan masyarakat sangat dibutuhkan agar pekerjaan paket proyek pembangunan jaringan irigasi di Pulau Sumbawa tahun 2020 ini dapat terlaksana dengan baik sesuai harapan.
“Tentunya dengan mengedepankan kualitas proyek sesuai bestek yang ditentukan, atas dukungan segenap lapisan masyarakat dan pihak terkait selama ini kami  menyampaikan terima kasih yang mendalam,” pungkasnya.(KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini