tayang 15/07/2020

TP PKK Propinsi NTB 'Road Show' ke Sumbawa

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.
Acara Road Show Tim Penggerak PKK Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam Rangka Hari Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan dilaksanakan di Dusun Belo, Desa Berang Rea Kecamatan Moyo Hulu Kabupaten Sumbawa Kamis (7/11). Turut Hadir Bupati Sumbawa yang diwakili Sekretaris daerah, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi NTB, Kepala Perangkat Daerah Kab. Sumbawa, Ketua Tim Pengerak PKK Provinsi dan rombongan, Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Sumbawa beserta rombongan, Camat Moyo Hulu beserta jajarannya, para camat se- Kab. Sumbawa, Anggota Forum Pimpinan Kecamaatn Moyo Hulu, tokoh agama, tokoh masyarakat, Organisasi wanita dan tokoh pemuda.
Bupati Sumbawa diwakili Sekretaris Daerah Drs.H. Hasan Basri,MM menyampaikan bahwa pembangunan kesehatan keluarga berencana dan pembangunan sektor-sektor lain di daerah ini menjadi ikhtiar gerakan dalam ranah sinergisitas dan berkesinambungan, yang secara sungguh-sungguh menjadikannya sebagai  program hulu dan menjadi milik bersama.
“Kita sadari bahwa tim penggerak PKK mempunyai peran yang cukup strategis dalam mendekatkan program KB kepada masyarakat,  sebagai upaya menumbuhkan budaya keluarga berkualitas dalam mewujudkan keluarga kecil yang bahagia dan sejahtera,” ujarnya.
Ia menilai Gerakan PKK dalam setiap aktivitas dan  geraknya melalui  pembinaan dan pemberdayaan  keluarga, telah memberikan spirit untuk mendorong keterlibatan yang bersifat strategis dalam membangun dan memperkuat kemitraaan, lebih-lebih dalam penggarapan bersama pembangunan keluarga.
Menurutynya, keluarga sebagai institusi terkecil dan utama memberikan warna tersendiri dalam tatanan kehidupan sosial kemasyarakatan. Dalam upaya mempertajam implementasi dari ekspektasi-ekspektasi tersebut, Kabupaten Sumbawa telah menjalankannya program-program inovatif daerah, diantaranya adalah menggalakkan program Kampung KB.
Ia berharap agar momentum roadshow hari Kesatuan Gerak PKK tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat ini menjadi wahana silaturrahim sekaligus memperkuat ketajaman dan revitalisasi program pembanguan keluarga sebagai program yang dibangun melalui kekuatan sinergisitas, holistik dan integratif.
Dalam sambutan Ketua TP-PKK yang diwakili oleh Ketua Pokja 4 Panca Yuniati, Apt menyampaikan  sebagaimana kita ketahui bersama bahwa PKK mempunyai jaringan yang sangat kuat dan sangat penting dalam mempengharui pengambil kebijakan sehingga semua institusi dan OPD ingin merangkul PKK.
Sebagaimana disampaikan tadi bahwa Bunda PAUD Kabupaten Sumbawa mempunyai 6 inovasi Paud yang sangat luar biasa, dan 6 inovasi nya itu apabila dilaksanakan dengan optimal oleh seluruh Bunda – Bunda Paud yang ada di seluruh Kecamatan diseluruh Desa.
“Sehingga bisa membuat generasi -generasi emas di Pulau Sumbawa karena kami lihat itu sangat mudah dan menyentuh dan bisa dilaksanakan dengan mudah. Oleh karena itu mari kita dukung bunda Paud dengan 6 inovasi nya, dan bila inovasi ini berhasil maka otomatis yang naik nama Sumbawa dan nama NTB. Oleh karena itu kami dari Provinsi siap mensuport bunda – bunda Paud di Sumbawa,” kataanya.
Disampaikan, di Kabupaten Sumbawa ada 25 Puskesmas dengan 726 posyandu, ada 57 posyandu keluarga tetapi ada yang salah satu posyandu yang diterapkan untuk mendukung zero waste.
“Harapan kami posyandu mendukung zero waste adanya posyandu berbasis sampah. Sehingga bapak ibu pada saat datang ke posyandu membawa sampah sekalian membersihkan rumah sekalian dan bisa ditukar menjadi dana operasional atau menjadi tabungan bapak ibu sekalian untuk mendukung program zero waste,” pungkansya.(KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini