tayang 15/07/2020

Ratusan Desa di Sumbawa Gelar Pilkades Serentak Tahun 2020

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.
Terdapat ratusan desa di Kabupaten Sumbawa bakal menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2020. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumbawa telah melaksanakan sosialisasi pelaksanaan Pilkades di Kecamatan pelaksana.
Kepada wartawan, Kepala Dinas PMD Sumbawa Varian Bintoro mengungkapkan, sosialisasi tahapan Pilkades dilakukan di Kecamatan yang desanya mengikuti pilkades serentak. Dimana ada Kecamatan yang digabung disatu lokasi sosialisasi, seperti Kecamatan Moyo Hulu dan Lenangguar. Sementara ada juga yang dilakukan di masing-masing kecamatan.
Lebih jauh dijelaskan, dalam sosialisasi pihaknya sudah memberikan penjelasan kepada panitia pilkades maupun panitia pengawas terhadap tahapan Pilkades. Dimana Pilkades serentak di 119 desa dilaksanakan pada tanggal 4 Maret 2020 mendatang. ‘’Mulai November mereka harus menyusun anggaran. Kemudian juga nanti di bulan Februari membuka pendaftaran calonnya,’’ terang Varian.
Meski sosialisasi sudah selesai, namun pihaknya tetap membuka ruang bagi panitia untuk konsultasi lebih lanjut.
‘’Pelaksanaan sosialisasi di 23 kecamatan Alhamdulillah berjalan lancar. Memang banyak pertanyaan dari panitia. Tetapi yang pasti kami di Dinas PMD itu akan membackup 24 jam untuk menerima pertanyaan dan lainnya. Walaupun sudah selesai sosialisasi, kita tetap membuka fasilitas  untuk panitia pengawas atau panitia pilkades  konsultasi kepada kita,’’ ujarnya.
Pihaknya juga sudah memberikan panduan pelaksanaan Pilkades sebagai pegangan kepada panitia. Dalam panduan itu semua tahapan dan lainnya sudah lengkap. Hal ini sudah disampaikan dalam sosialisasi. Pihaknya berharap para panitia ini bisa membaca dan memahami panduan tersebut. Sehingga tidak terdapat kendala saat pelaksanaan Pilkades nantinya.
‘’Kita sudah membuat panduan untuk dipegang. Kita kasih ke setiap kecamatan, setiap desa satu kita kasih untuk perbanyak sendiri. Itu panduan penyelenggaraan Pilkades. Tahapan-tahapan kita minta untuk membaca, semua lengkap. Selama dia membaca aturan dan mengikuti tahapan itu, maka hampir tidak ada kendala. Karena detail kita sampaikan untuk mereka laksanakan,’’ pungkasnya.(KA-01)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini