tayang 15/07/2020

Ratusan Atlet Panah Rebut Piala Dandim Sumbawa

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.
Guna menyambut HUT TNI  ke-74 tahun 2019, Kodim 1607/Sumbawa bersama Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Sumbawa menggelar kejuaraan panahan terbuka Dandim Archery Cup, pada Sabtu (28/9). Kegiatan yang digelar di Makodim Sumbawa ini diikuti ratusan peserta, baik itu atlet, official, pelatih dan lainnya.
Kepada media ini, Ketua Perpani Sumbawa - M. Jurnawi Fahrudin menyatakan, kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk merangsang para atlit muda panahan supaya terus berlatih agar kedepan menjadi yang terbaik. ‘’Kami Perpani memiliki tugas atau program untuk mengenalkan olahraga panahan ini ke seluruh masyarakat, khususnya di Kabupaten Sumbawa. Apalagi saya rasa olahraga ini kian melejit dengan cepat. Turnamen bisa diadakan kapan pun dan dimanapun. Baik secara beregu maupun individu,’’ tuturnya.
Peserta yang mengikuti kejuaraan panahan terbuka Dandim Archery Cup ini datang dari berbagai daerah di NTB, seperti Bima, Dompu, Sumbawa, KSB dan juga Lombok, dengan jumlah sekitar 100 orang lebih. Adapun kelas yang diperlombakan yakni Barebow putra putri 30 meter, standar nasional SD 18 meter dan 15 meter, serta horsebow putra dan putri 20 meter. ‘’Sebenarnya bisa lebih (Jumlah peserta), tetapi karena bersamaan waktunya dengan kegiatan Pra PON di Jakarta, jadi banyak pelatih dan atlet berangkat kesana,’’ terangnya.
Pihaknya berharap mendapat dukungan dari Pemda Sumbawa. Baik itu biaya pembinaan maupun lokasi latihan yang memadai. Agar kedepan atlet panahan di Kabupaten Sumbawa bisa menjadi lebih baik, tentunya dengan hasil yang juga lebih memuaskan.
Ditempat yang sama, Dandim 1607/Sumbawa - Letnan Kolonel Inf Samsul Huda mengatakan, menyatakan kejuaraan panahan tersebut diselenggarakan dalam rangka menyambut HUT TNI dan juga untuk mencetak bibit-bibit baru panahan Sumbawa, yang nantinya dapat mengharumkan nama daerah baik di tingkat nasional maupun Internasional. ‘’Selain lomba panahan, kami juga menggelar lomba melukis untuk anak-anak Sekolah, dan memberikan wawasan kebangsaan bagi generasi muda agar memiliki pengetahuan yang luas, memiliki tanggungjawab baik terhadap diri sendiri, keluarga maupun dilingkungan masyarakat,’’ ujarnya.
Pihaknya berharap dengan acara ini semakin mendekatkan dan menjadikan satu sinergitas yang tidak bisa terpisahkan antara TNI dan masyarakat. ‘’TNI lahir dari rakyat untuk rakyat dan akan kembali kepada rayat, bersama rakyat TNI akan menjadi kuat,’’ kata Dandim.
Mewakili Bupati Sumbawa, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Sumbawa – H Muhammad Ikhsan memberikan apresiasi kepada Kodim 1607/Sumbawa yang telah memberikan dukungannya melalui kegiatan kejuaraan lomba panahan menyambut HUT TNI ke-74. Ia juga mengajak masyarakat Sumbawa untuk mendukung segala aktifitas olahraga demi menjaga kesehatan dan kebugaran badan.
‘’Semoga kejuaraan panahan ini dapat mencetak atlit panahan yang profesional, mampu berkiprah ditingkat nasional dan bahkan internasional,’’ tandasnya.
Sementara, Ketua KONI Sumbawa – Syamsul Fikri mengaku siap memperjuangkan untuk lokasi latihan khusus bagi atlet panahan Sumbawa.
‘’Ada lahan Pemda sekitar 20 hektar yang dulunya akan diperuntukkan bagi lahan STIP. Karena tidak juga dimanfaatkan, maka kita akan usulkan itu ke Pemda untuk lokasi latihan panahan dari Perpani, menembak dari Perbakin juga sirkuit balap untuk IMI. Itu yang akan kita pernujangkan bersama,’’ pungkasnya. (KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini