442 Narapidana Lapas Sumbawa Besar Terima Remisi Khusus Idul Fitri

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sumbawa Besar Kanwil Kemenkumham NTB, Purniawal menyerahkan Khusus Hari Raya Idul Fitri Tahun 2024 kepada 442 Narapidana. 

Penyerahan dilakukan secara simbolis kepada 2 orang perwakilan Narapidana seusai pelaksanaan Sholat Ied dan Khutbah Hari Raya, Rabu (10/04).

Setelah menyerahkan remisi, Kalapas Sumbawa Besar membacakan amanat Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI. "Pemberian Remisi di hari yang suci ini tentunya diharapkan menjadi momentum untuk terus memperbaiki diri. Remisi ini juga sebagai bentuk penghargaan (Apresiasi negara) karena yang bersangkutan telah telah mengikuti pembinaan dengan baik dibuktikan dengan perubahan perilaku hingga penurunan risiko," ujarnya.

 Purniawal menjelaskan, dalam Undang-Undang Pemasyarakatan mengatur bahwa setiap Narapidana tanpa terkecuali mendapatkan Remisi apabila telah memenuhi syarat-syarat yang ditentukan.

"Semua Narapidana yang telah memenuhi syarat sesuai dengan Undang-undang tentu kita usulkan untuk menerima Remisi," terangnya.

Selain itu, kata Purniawal, proses pengusulan Remisi dilakukan melalui Sistem Penilaian Pembinaan Narapidana (SPPN). Tentunya, Narapidana yang diusulkan telah menunjukkan penurunan risiko dan perubahan perilaku, serta mengikuti pembinaan dan aturan dengan baik. 

Adapun besaran remisi yang diterima bervariatif dari 15 Hari, 1 Bulan, 1 Bulan 15 Hari, sampai 2 bulan.

Kalapas memerinci bahwa dari total 442 Narapidana yang menerima RK Hari Raya Idul Fitri, 249 orang merupakan Narapidana Kasus Tindak Pidana Umum dan 193 orang Kasus Tindak Pidana Khusus.

"Selamat dan terima kasih kepada yang memperoleh Remisi, tentunya hal ini dikarenakan kemauan untuk merubah diri menjadi pribadi yang lebih baik dari masing-masing Narapidana dengan mengikuti pembinaan di Lapas Sumbawa Besar dengan baik. Sebagaimana pesan dan arahan dari bapak Kakanwil Kemenkumham NTB (Parlindungan) untuk mematuhi aturan dan terus berbenah diri," pungkasnya.(KA-04)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini