Koperindag KSB Terus Pantau Perkembangan Koperasi Syariah

Sebarkan:

Taliwang, KA.

Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Sumbawa Barat terus mendorong konsep syariah berkembang dari unit  koperasi di wilayah setempat.  Selain menjadi salah  satu program  pemerintah di Kementerian Koperasi, Dinas terkait pun  rutin melakukan pembinaan dan pelatihan keahlian bagi  koperasi  syariah.

Kepala Dinas  Koperindag Sumbawa Barat, Ir H. L Azhar  mengatakan,  keberadaan   koperasi syariah di KSB sudah mendapat pendampingan petugas.

Ini berjalan aktif sejak beberapa  tahun lalu. Ada  beberapa bentuk kegiatan pelatihan dalam  mendorong majunya usaha koperasi yang terbentuk.

“Hingga  hari  ini  koperasi   yang menjalankan  konsep  syariah cukup banyak . Koperasi yang menjalankan dengan konsep syariah itu menggunakan bentuk layanan usaha unit simpan pinjam.  Sebagian lagi koperasi itu lebih banyak  usaha simpan pinjam sistem konvensional," terangnya.

Keberadaan koperasi ini terpantau secara terjadwal diawasi melalui peran aktif petugas koperasi di bidangnya, memberi masukan positip kepada para  pengurus agar  mereka melakukan  sesuai yang  diharapkan.

Koperasi syariah  ini  eksis dan berkembang guna memfasilitasi, mensejahterakan kebutuhan  anggota dari bentuk usaha yang  ada.

Bahkan  ada warga yang datang langsung  tertarik dan meminta  penjelasan langsung mengenai syarat  pendirian pengajuan koperasi syariah, termasuk  proses perizinan.

“Untuk  perizinan ini  wajib dalam pendirian  koperasi, harus lengkap dan terpenuhi  indicator yang  diinginkan dikeluarkan oleh  lembaga atau  dinas  pemerintah yang  memiliki  tupoksi serta kewenangan mengeluarkan  izin yang  dimaksud. Bahkan pihaknya juga  ikut  memberi pendampingan di dalam  proses perizinan,”tegasnya. 

Program  Bimbingan Teknis atau Bintek  berupa pelatihan  keahlian  ini oleh pihaknya  diprogramkan bagi pengurus koperasi syariah dan  dilakukan secara berjenjang .

" Masyarakat, khususnya  dunia UMKM dan koperasi  bisa memahami  hal itu dan manfaat dari konsep  syariah yang dijalankan tersebut dapat secara bersama sama dilakukan sebagai salah satu program strategis pengembangan usaha  dan peningkatan ekonomi mereka," pungkasnya. (KA.02/Kominfo)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini