Rp 9 Miliar Anggaran Pokir Dewan Tunjang Pengadaan Alsintan Dinas Pertanian Sumbawa

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Pemkab  Sumbawa melalui Dinas Pertanian Sumbawa mengalokasikan APBD tahun 2023 sebesar Rp 9 miliar untuk menunjang  Pokok Pikiran (Pokir)  puluhan  Anggota DPRD Sumbawa.

Anggaran tersebut, dialokasikan  pengadaan sejumlah alat mesin pertanian (Alsintan) untuk para kelompok tani penerima manfaat di daerah ini.

Kabid Sarana Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa Ruslan SP yang juga Pejabat Pembuat Komitmen (PPK). mengungkapkan,  tahun 2023 ini dalam rangka menunjang peningkatan sarana pertanian di daerah ini, puluhan anggota DPRD Sumbawa telah mengalokasikan anggaran Pokir Dewan dengan nilai mencapai sekitar Rp 9 Miliar lebih untuk pengadaan Alsintan dengan menggunakan sistem E-Catalog dimulai Mei ini.

Adapun paket pengadaan Alsintan tahun 2023 ini, terang Ruslan,   meliputi pengadaan combine , handtractor roda dua dan roda empat, handsprayer, alat tanam jagung, cinseler, mesin pomps air, mesin pemotongan rumput, mesin perontok padi, alat panen gendong padi, benih padi dan benih jagung.

“Kami optimis pengadaan sarana pertanian tersebut, akan dapat dituntaskan  hingga Agustus mendatang, dimana untuk tahap pertama mesin  combine dan handtractor sudah datang serta didistribusikan kepada kelompok petani penerima manfaat sesuai dengan apa yang menjadi harapan pemilik Pokir, dan sejumlah barang Alsintan lainnya tengah dalam proses pengadaan,” papar  Ruslan.

Menurutnya, barang-barang yang datang sebelum diserahterimakan kepada kelompok tani pemerima manfaat yang tersebar di seluruh Kecamatan tersebut, tentu terlebih dahulu secara teknis akan dilakukan verifikasi oleh tim teknis, agar dapat diketahui dengan jelas apakah memenuhi spesifikasi atau tidak.

" Untuk paket pengadaan sejumlah sarana pertanian dari anggaran Pokir Dewan tersebut sejauh ini berjalan  On The Track, dan tentu kita berharap sejumlah Alsintan tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik-sebaiknya oleh para petani penerima manfaat," pungkasnya.(KA-01

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini