Pengurus HPI KSB Resmi Dilantik

Sebarkan:

 

Taliwang, KA 

Untuk pertama kalinya Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Sumbawa Barat periode 2022 - 2027 resmi dilantik. Ini tentu saja  mendapat perhatian khusus dari Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumbawa Barat, Amar Nurmansyah, ST. 

Sekda  mengharapkan pengurus yang baru dilantik bisa menempatkan diri sebagai ujung tombak dan juru bicara pemerintah daerah  dalam melakukan promosi terhadap pariwisata di Kabupaten Sumbawa Barat.

" Harapannya agar pengurus yang baru dilantik ini suatu saat menjelma jadi pramuwisata yang profesional dan benar-benar bersinergi dengan dinas terkait," ungkap Sekda.  

Sekda juga meminta agar pengurus  HPI bisa bekerja dengan ikhlas dan sesuai aturan perundangan serta norma yang berlaku di masyarakat Indonesia, khususnya Kabupaten Sumbawa Barat.

Seorang pramuwisata tambah dia seharusnya bisa menempatkan diri sebagai agen promosi wisata yang memberikan keterangan sebenar-benarnya kepada wisatawan. Seorang pramuwisata atau tour guide juga harus mengenali karakter tamunya dan sedapat mungkin bisa membangun Cammistri dengan tamunya.

“Ini penting karena seorang pramuwisata akan menghabiskan waktu yang lama dengan tamunya. Mereka akan bersama dalam beberapa jenis situasi, makan bersama, jalan bersama, diskusi dan ada juga yang bersama selama beberapa hari bahkan pekan,” katanya.  

Selain itu, Sekda mengingatkan agar setiap pramuwisata membekali diri dengan pengetahuan yang matang dan luas tentang kondisi Kabupaten Sumbawa Barat. 

" Bukan hanya pariwisata, melainkan pengetahuan lain seperti sejarah, demografi, juga karakter masyarakat setempat," cetusnya.

Khusus di KSB RPJMN 2020/2024 lanjut Sekda menetapkan unggulannya yaitu sebagai kawasan industri. Sementara Pulau lombok unggulannya yaitu pariwisata. Itulah salah satu yang menyebabkan mengapa Pemerintah pusat lebih cepat merespon usulan pulau Lombok dalam urusan pariwisata. Oleh karena itu Pemda KSB ngotot harus ada bandara sebagai pengungkit terbangunnya Pariwisata KSB.

“Jika kita lihat Bandara Internasional Lombok (BIL) sebelum dibangunnya Bandara itu seperti apa, lahan tidur yang sepertinya tidak bisa memberikan penghidupan. Tetapi kita lihat efek conektifitasnya sangat luar biasa. Itulah sebabnya kenapa kita upayakan dibangunnya terlebih dahulu Bandara dengan status bandara Khusus karena kedepannya kita bisa manfaatkan menjadi bandara umum. Tetapi jika kita buat langsung dengan status umum belum tentu dapat izin hingga 30 tahun. Harapan ketika ada bandara, lahan tidur cepat ada dibangun oleh investor, dan kedepannya Pariwisata KSB akan semakin berkembang,"pungkas Sekda.

Pelantikan HPI Kabupaten Sumbawa Barat ini dilantik pada  kamis 27/10/2022 di Aula Kantor Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumbawa Barat. Pelantikan dilakukan langsung oleh ketua HPI Provinsi NTB Dr. H. Ainuddin, SH., MH.   Terpilih sebagai ketua HPI KSB Sukiman Edi Yunus dan Sekretaris Toniman Al Qasim. (KA.02/KominfoKSB)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini