Disnakertrans KSB Matangkan Persiapan Job Fair Gotong Royong

Sebarkan:

Taliwang, KA.

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumbawa Barat menginformasikan telah  mematangkan persiapan Job fair Gotong Royong yang akan digelar pada tanggal 15 - 16 Agustus  mendatang. 

Untuk sementara ini sebanyak  50 perwakilan perusahaan dipastikan akan ikut ajang bursa kerja tersebut.  

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sumbawa Barat melalui Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja (Penta) Disnakertrans KSB, Tohirudin, SH, mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya Disnakertrans dalam menekan angka pengangguran di wilayah setempat. Jumlah perusahaan yang akan ikut meramaikan akan terus bertambah, mengingat dari data yang ada tercatat ada sebanyak 200 lebih  perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Sumbawa Barat.

“ Dari data yang ada 195 perusahaan merupakan mitra PT. AMMAN sisanya perusahaan yang bergerak di bidang non tambang. Nah, dari 195 perusahaan itu sementara ini 50 perusahaan telah menyatakan kesiapannya membuka lowongan pekerjaan, rata rata sebanyak 5 loker,”terangnya. 

Selain merupakan upaya menekan angka pengangguran Jobfair ini merupakan peluang kerja yang ditawarkan oleh perusahaan, dapat menjadi solusi dan jalan keluar bagi masyarakat utamanya yang terdampak PHK saat pandemi. 

Untuk persiapan pelaksanaannya sendiri lanjut Tohir sejauh ini berjalan lancar dimana perusahaan yang menyatakan kesiapannya  sudah dipanggil, untuk kemudian dibicarakan bagaimana keterlibatannya dalam kegiatan job fair tersebut. 

Yang tak kalah penting lanjutnya, dari pelaksanaan Job Fair ini para pencari kerja secara terbuka, bebas, dan objektif bisa mendaftar ke perusahaan yang diinginkan dengan penempatan posisi yang sesuai kemampuan serta keahlian mereka masing-masing tanpa adanya diskriminasi.  Sehingga para pencari kerja mendapatkan pekerjaan sesuai dengan minat, bakat, dan keahlian mereka.

" Tentunya dengan ini pula dapat mempercepat pertemuan antar perusahaan dan pencari kerja sehingga mempercepat proses bekerja,” bebernya. 

Disinggung mengenai teknis pelaksanaannya, Tohir menerangkan setiap perusahaan akan disediakan masing masing stand di lokasi kegiatan di komplek Kemutar Telu Center  (KTC). Di masing masing stand yg disediakan itu masyarakat bisa melihat setiap lowongan yang dibuka perusahaan. 

" Dengan ini memudahkan para pencari kerja maupun perusahaan dalam memilih pekerjaan maupun calon tenaga kerja yang tepat dan diinginkan. Tentunya pekerjaan yang  sesuai dengan minat, bakat, dan keahlian," demikian Tohir. (KA-02)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini