500 Kru dan Pembalap MXGP SAMOTA Dijadwalkan Tiba di Sumbawa 21 Juni

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Sebanyak 500 orang kru dan pembalap  kejuaraan Dunia Motocross (MXGP)  SAMOTA 2022 dijadwalkan tiba di Sumbawa 21 Juni mendatang.

Kordinator Lapangan MXGP SAMOTA, Ir H. Ridwan Syah, saat jumpa pers "Kick off "MXGP, di Sirkuit Rocket SAMOTA, Rabu (25/05/2022) mengatakan, sebanyak 500 tim, kru dan pembalap MXGP dijadwalkan tiba di Sumbawa 21 Juni 2022 mendatang.

Dijelaskan Kadis PUPR NTB ini, dari 500 orang rombongan dari 19 negara tersebut sekitar 80 an diantaranya adalah pembalap MX2 dan MXGP.

Dijadwalkan rombongan tersebut akan bertolak dari Jerman dan tiba di Indonesia 21 Juni mendatang melalui Jakarta-Lombok dan berlanjut ke Sumbawa.

"Sekitar 300 orang akan menginap di 6 hotel di Kota Sumbawa, yakni di Seaside Hotel, Hotel Transit, Kaloka, Grand SAMOTA, Grand Sumbawa Sumbawa. Sedangkan sisanya akan menginap di Hotel Terapung yakni diatas kapal," ujarnya.

Gelaran ini, sambungnya, akan dibanjiri  sekitar 50 ribu penonton akan didatangkan. Tentu ini sebuah momentum yang menjadi tantangan dan peluang bagi masyarakat. Dimana mereka nginap, makan dan melihat apa di Sumbawa. 

"Karena itu, kegiatan ini bukan hanya sekedar balap saja. Dipilihnya Sumbawa, bagaimana memajukan daerah ini melalui sport tourism. Bagaimana mengeksplore Sumbawa dengan potensi lain yang ada,” cetusnya.

Sirkuit ini, terangnya, dibangun di lahan seluas 15 hektar. Progres pembangunannya saat ini mencapai 40 persen. Paling lambat tanggal 15 Juni pembangunannya akan selesai.

"Kami terus bekerja. Setelah sirkuit selesai, seluruh peralatan akan dibawa langsung ke lokasi," katanya.

Diperkirakan, acara ini akan menyedot sekitar 50 ribu penonton yang dibagi jadi tiga kelas. Pertama, penonton berdiri, kemudian kelas VIP dan VVIP. Menurut informasi dari penyelenggara, harga tiket termurahnya yakni Rp 100 ribu.

Menurutnya, model sirkuitnya seperti mangkuk. Jadi semua penonton bisa melihat pembalap yang beraksi. Sehingga pergerakan pembalap bisa dilihat dari sisi manapun. Tiket mulai dijual awal Juni nanti. Penjualan tiket ini akan dilakukan secara offline dan online.

“Mari hadirkan keramahtamahan Sumbawa. Sumbawa yang bersih dan Sumbawa yang nyaman. Kita Terima tamu dengan sebaik-baiknya. Suksesnya MXGP ini tergantung bagaimana siarannya ke seluruh dunia. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama empat tahun. Memang kegiatan pertama ada kekurangannya. Namun, Mudah-mudahan semua berjalan dengan lancar hingga seterusnya. Mudah-mudahan ini awal bagi kita semua untuk menumbuhkan kembangkan ekonomi, melalui sport tourism MXGP Samota Sumbawa 2022,“ harapnya.

Ditempat yang sama, Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah mengatakan, event ini adalah berkah dan tantangan. Karena Kabupaten Sumbawa akan menerima 50 ribu tamu. Kepada OPD diminta untuk menunjukkan dan berbuat sesuai tupoksi. Sehingga dapat menerima tamu dengan daik. Tunjukan bahwa Sumbawa sangat menerima tamu dari luar daerah. 

“Karena dengan 50 ribu orang yang datang ini, yang paling simple saja bagaimana konsumsinya. Jadi kita harus siapkan,” katanya.

Dikatakan Bupat, para pelaku UMKM juga bersemangat untuk menyambut event ini. Karena kegiatan ini akan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Sumbawa secara keseluruhan.

Diakui bupati, awalnya ia terkejut karena diberikan tugas sebagai tuan rumah pelaksanaan MXGP oleh gubernur. Awalnya disiapkan enam lokasi untuk pelaksanaan. Akhirnya dipilihlah lokasi saat ini di Samota.

“Pada 15 Juni, lokasi ini akan dituntaskan. Bagaimanapun, event ini harus berhasil,” tutup Bupati.(KA-01)






)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini