Tingkatkan Pengawasan, Tim PORA Imigrasi Sasar WNA Dikawasan Tambang

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Selama Ramadhan 1443 Hijriah, jajaran Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa menerjunkan Tim Pengawasan Orang Asing (PORA),  di wilayah Kabupaten Sumbawa maupun dikawasan tambang Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).


Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Kemenkumham NTB melalui Kasi Inteldakim Yusa Setia Budi dalam keterangan Persnya, Selasa (26/04/2022), mengatakan, selama Ramadhan tahun ini pihaknya telah melaksanakan operasi sebanyak tiga kali.

"Operasi kali ini  dalam rangka pengawasan terhadap WNA, termasuk  untuk mengetahui  sejauhmana kegiatan orang asing tersebut," ungkapnya.


Dalam operasi dikawasan tambang KSB itu terang Yusa, sapaan akrabnya, Tim PORA mendapatkan informasi di kawasan Maluk ada sejumlah WNA.

Sehingga tim bergerak dan mendapatkan 18 WNA asal Republik Rakyat Tiongkok (RRT) yang bekerja untuk PT PIL terkait pembangunan smelter PT Amman Mineral Nusa Tenggara (PT.AMNT).

"Belasan WNA tersebut semuanya memiliki izin tinggal terbatas (ITAS) dalam rangka bekerja," tukasnya. 

Disamping itu, lanjut Yusa, Tim PORA Imigrasi Sumbawa juga mendatangi sejumlah penginapan, homestay, hotel dan losmen.  Namun petugas tidak menemukan  orang asing yang mencurigakan.

Kepeda pengelola hotel dan penginapan, petugas mengimbau agar segera melaporkan tamu asing yang menginap melalui aplikasi pelaporan orang asing (www.imigrasi.apoa.go.id).

Dari hasil pendataan, hingga saat ini jumlah Warga Negara Asing (WNA) yang tinggal bersama keluarganya ataupun bekerja di wilayah Kabupaten Sumbawa maupun KSB tercatat 123 orang dengan Izin Tinggal Terbatas (ITAS) dan 19 orang lainnya dengan Izin Tinggal Tetap (ITAP).

 "Pemantauan dan pengawasan akan terus dilakukan secara rutin usai lebaran dan dalam rangka persiapan menyambut kegiatan Motor Cross Grand Prix (MXGP) dikawasan Samota Sumbawa,” cetusnya.

Karenanya, ia menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas  kerjasama yang telah terbina selama ini dengan sejumlah pihak terkait, khususnya Tim PORA Kabupaten maupun  Kecamatan baik di Kabupaten Sumbawa maupun di kawasan KSB.(KA-04)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini