Gelar Razia Orang Asing, Timgab Sasar Hotel, Villa dan Cafe di Kuta Mandalika

Sebarkan:

Mataram, KA.

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar Kanwil Kemenkumham NTB bersama Tim Pengawasan Orang Asing  (Pora) Wilayah Provinsi NTB dan Kabupaten Lombok Tengah melakukan kegiatan operasi gabungan pengawasan orang asing di wilayah Kuta Kabupaten Lombok Tengah, Senin (14/03/2022).


Kegiatan ini dilaksanakan untuk menindak lanjuti hasil rapat koordinasi Tim Pora Tingkat Wilayah Provinsi NTB pada Kamis 10 Maret 2022 lalu.

Bekerja sama dengan Polda NTB, BNN NTB, Kejaksaan Tinggi NTB, Pemda Lombok Tengah dan beberap instansi terkait, Operasi Cipta Kondisi digelar dalam rangka untuk memastikan perhelatan akbar internasional MotoGP di Sirkuit Mandalika berjalan dengan lancar.


Kepala Divisi Imigrasi Kemenkumham NTB, Parlindungan, memimpin langsung pelaksanaan Timpora Tingkat Wilayah ini dengan membentuk 4  tim, dimana tim pertama dipimpin oleh  Kabid Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, tim kedua dipimpin oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Bima, tim ketiga dipimpin oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram dan tim keempat dipimpin oleh Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram.

Keempat tim menggelar operasi dengan menyasar penginapan, hotel dan villa di Kabupaten Lombok Tengah yang diduga sebagai tempat penginapan serta tempat bekerja bagi orang asing. Seluruh tim memeriksa kelengkapan dokumen keimigrasian seperti izin tinggal dan perizinan usaha terhadap orang asing, hal ini dilakukan untuk memastikan legalitas terhadap aktivitas mereka di Lombok Tengah. Tim juga menyasar seluruh restoran dan kafe yang ada di Kabupaten Lombok Tengah.

Pungki Handoyo, selaku Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar menilai kegiatan Operasi Gabungan Tim Pora Tingkat Wilayah ini sangatlah penting. Sebab Opgab ini bertujuan untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat serta dapat menyebarkan citra positif dan bukti kehadiran negara ke tengah - tengah masyarakat khususnya di wilayah Kuta Mandalika.

"Opgab ini juga merupakan wujud kesiapan Kementerian Hukum dan HAM dalam menyambut pagelaran motoGP Mandalika yang digelar 18-20 Maret 2022 mendatang," pungkasnya.(KA-04)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini