Pasca Banjir Alas, PDAM Berjibaku Perbaiki Kerusakan Jaringan Pipa Marente

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Selama sepekan berjibaku tidak mengenai waktu siang dan malam, tim teknis  Perumdam Batulanteh melakukan perbaikan kerusakan jaringan pipa transmisi dan distribusi yang hanyut dan rusak berat akibat diterjang banjir bandang bendungan Marente Senin sore (14/02) lalu.


Upaya perbaikan tersebut, akhirnya membuahkan hasil. Untuk sementara jaringan pipa transmisinya telah tuntas ditangani secara darurat.

"Alhamdulillah pasokan air bersih yang dibutuhkan warga khususnya di Desa Marente  kini dapat terpenuhi dengan baik sebagaimana yang diharapkan," ungkap Dirut Perumdam Batulanteh Sumbawa Juniardi Akhir Putra ST SST M.Kom, menjawab awak media dikediamannya, Rabu sore (23/02).


Pasca banjir bandang di Alas tersebut, terang Juniardi, sapaan akrab Dirut muda low profil ini, dari hasil pendataan dan inventarisir yang dilakukan ada sejumlah pipa jaringan transmisi dan distribusi yang hanyut serta mengalami kerusakan berat.

Namun dengan penanganan darurat yang dilakukan dalam sepekan terakhir ini tim teknis PDAM yang berjibaku siang malam memperbaiki sejumlah pipa yang masih bisa dipakai.

"Alhamdulillah jaringan pipa tranmisi dari IPA Marente tersebut telah berhasil diselesaikan dan bahkan sudah bisa digunakan untuk menyuplai pasokan air bersih untuk sementara dapat melayani ratusan pelanggan di Desa Marente dari total jumlah pelanggan aktif 2.300 SR di Kecamatan Alas," cetusnya.

Artinya, lanjut Juniardi, dengan telah dilakukan perbaikan darurat atas jaringan pipa transmisi tersebut, sejumlah pelanggan PDAM di Desa Marente sudah bisa terlayani dengan baik.

Khusus untuk perbaikan jaringan pipa distribusi dan sejumlah assesoris lainnya akan segera ditangani secara darurat oleh Pemprov NTB bersama Pemda Sumbawa.

Dari hasil koordinasi dengan leading sektor terkait (BPBD) Sumbawa akan dibantu pengadaan sejumlah pipa yang hilang dan hanyut ataupun mengalami kerusakan berat dengan menggunakan anggaran tanggap darurat.

Hal ini sedang  dikomonikasikan agar secepatnya sejumlah material yang dibutuhkan dapat segera diadakan,. Sehingga kegiatan perbaikan menyeluruh atas sejumlah infrastruktur jaringan pipa trasmisi dan distribusi PDAM tersebut dapat segera dilakukan.

Karenanya, Juniardi menyampaikan apresiasi dan  dan terima kasih yang mendalam atas dukungan semua pihak sehingga persoalan tersebut bisa segera ditangani.

"Kami sangat optimis jika seluruh material yang dibutuhkan untuk perbaikan jaringan   pipa transmisi dan distribusi itu segera diadakan, maka secepatnya tim teknis melakukan action lapangan, sehingga pasokan air bersih untuk pelanggan di Kecamatan Alas dapat terpenuhi dengan baik," pungkasnya.(KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini