FKPPMS Dorong Pemda Sumbawa Libatkan Pemuda dan Mahasiswa di Ajang MXGP

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Forum Komunikasi Pemuda Pelajar Mahasiswa Sumbawa-Mataram (FKPPMS) berharap Pemerintah Kabupaten Sumbawa untuk melibatkan sejumlah stakeholder, termasuk kalangan pemuda dan mahasiswa berpartisipasi dalam gelaran kejuaran dunia MXGP Juni mendatang.

'"Kami berharap Pemda Sumbawa untuk melibatkan pemuda dan mahasiswa di daerah ini dalam event internasional MXGP Juni mendatang," ungkap Kabid Partisipasi Pembangunan Daerah, FKPPMS- Mataram, Rifqi Aryadi, kepada media ini, Jumat (25/02/2022).

Rifqi, sapaan akrabnya, mengapresiasi atas sinergi yang baik antara Pemkab Sumbawa dan Pemprov NTB sehingga Sumbawa bisa menjadi tuan rumah event internasional. "Perlahan, sangatlah mungkin Sumbawa dapat mengikuti jejak Mandalika untuk dikenal dunia," cetusnya.

Menurutnya, ksempatan emas ini tidak datang dua kali. Ini adalah momentum terbaik untuk menghidupkan kembali pariwisata, memperbaiki infrastruktur, hotel/penginapan, memperkenalkan tradisi dan budaya, serta meningkatkan kualitas produk-produk UMKM yang ada Sumbawa," bebernya.

Rifqi melanjutkan, tidak hanya sirkuit yang menjadi fokus utama, banyak aspek yang harus diperhatikan terutama sumber daya manusianya juga harus segera disiapkan. Dalam hal home industri semua pelaku UMKM diakomidir dan diberikan bimbingan teknis, agar produk yang ditawarkan kemasannya lebih rapi dan makanannya bisa lebih awet.

Begitu juga  dari aspek pariwisata, Sumbawa punya banyak komunitas pemuda yang konsern soal itu. Misalnya komunitas Sumbawa explorer. Mereka pasti punya ide gemilang dalam mempromosikan pariwisata sbw baik yang sudah diexplore maupun belum. Begitu juga dengan pelaku seni/budaya dan seterusnya. 

“Kita bisa Belajar dari Mandalika, ketika para tamu dunia sudah tiba di Sumbawa, jangan sampai masih ada permasalahan misalnya sengketa tanah warga yang belum selesai, protes masyarakat karena tidak dilibatkan, dan permasalahan-permasalahan lainnya. Oleh karena itu Pemerintah Sumbawa harus segera menyatukan persepsi dengan melibatkan semua elemen dalam merancang maupun mengeksekusi MXGP ini," pungkasnya.(KA-04)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini