Bupati Sumbawa Tinjau Pembangunan Pondok Pesantren Assalam

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Pemerintah daerah terus menunjukkan komitmen mendukung perkembangan lembaga pendidikan Islam seperti pondok pesantren di wilayah Kabupaten Sumbawa. Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah, melakukan kunjungan langsung ke lokasi pembangunan Ponpes Assalam di kawasan Olat Rawa, Kecamatan Moyo Hilir, Selasa (27/07/2021).


Pembangunan Ponpes yang berada di bawah naungan Yayasan Assalam Nusantara ini disambut baik Bupati. 

Ia menyebut kunjungannya ini sekaligus untuk memastikan seluruh proses pembangunan yang telah berlangsung sejak Januari 2020 yang lalu ini berjalan lancar.

Bupati paham betul, di era ini, ijtihad pondok pesantren untuk mengembangkan ilmu keislaman dan moralitas luhur, cenderung dicurigai dan sering diasosiasikan sebagai predikat yang dapat menimbulkan kesalahpahaman, seperti fundamentalisme, ekstrimisme, radikalisme dan bahkan terorisme. 

"Ini merupakan tantangan besar bagi pondok pesantren untuk meluruskan stigmatisasi negatif tersebut," cetus Bupati.

Bupati juga mengingatkan agar pondok pesantren harus kembali menekankan karakter dasarnya sebagai lembaga keagamaan dengan karakteristik yang pluralis, berwatak kerakyatan dan kebangsaan. 

Bupati berharap agar nantinya Ponpes Assalam dapat mengaktualisasikan perannya dalam membantu pemerintah daerah mewujudkan pembangunan karakter generasi Tana’ Samawa berlandaskan falsafah hidup tau samawa, yakni Takit Ko Nene Kangila Boat Lenge. 

Sementara itu, Pendiri Ponpes Assalam, Dr. Sahrul Salam, dalam keterangan persnya mengatakan dalam waktu dekat, Ponpes Assalam akan menerima 20 santri non formal

"Dengan desain pesantren salaf tradisional, Ponpes Assalam  akan mengajarkan materi Bahasa Arab, kitab kuning, dan tahfid Quran," pungkasnya.(KA-04)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini