Antisipasi Karhutla, Polres Sumbawa Tingkatkan Patroli

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Polres Sumbawa Polda NTB meningkatkan intensitas patroli guna mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dan krisis air bersih pada musim kemarau, Selasa (15/6/2021)

Sebagaimana disampaikan Kapolres Sumbawa, AKBP Widy Saputra, S.IK., MH., kerhutla dan krisis air bersih sudah menjadi agenda rutin di Kabupaten Sumbawa saat memasuki musim kemarau.

“Jadi terkait dengan kondisi iklim atau cuaca yang sudah memasuki musim kemarau dan itu menjadi agenda rutin di Kabupaten Sumbawa, pertama antisipasi karhutla dan krisis air bersih,” ungkapnya.

Sejauh ini, lanjut Kapolres, pihaknya belum mendapatkan laporan terkait dua hal itu. Namun, diprediksi puncaknya akan terjadi pada bulan September mendatang.

Mengantisipasi terjadinya karhutla,sebut Kapolres,  pihaknya akan meningkatkan intensitas patroli memantau wilayah rawan kebakaran dan pembakaran hutan dan lahan, melalui Satuan Samapta dan Bhabinkamtibmas. Termasuk menggunakan drone untuk memantau kondisi hutan memalui udara.

“Sebagaimana perintah dari pusat menyampaikan peningkatan intensitas patroli di wilayah rawan terjadi karhutla. Kita akan mengedapankan fungsi Samapta dan Bhabimkamtibmas. Dimana, Bhabinkamtibmas di Desa binaan masing-masing, meningkatkan patroli sambang memberikan himbauan tentang pencegahan kebakaran dan pembakaran lahan. Samapta, meningkatkan intensitas patroli memantau titik-titik hos spot yang berpotensi terjadi kebakaran hutan dan lahan. Juga kita gunakan teknologi,” terangnya.

Kapolres menghimbau kepada masyarakat agar menghindari perilaku yang bisa mengakibatkan kebakaran hutan dan lahan. Seperti membuah puntung rokok di lahan yang rentan terbakar dan pembukaan lahan baru menggunakan metode pembakaran.

Terkau antisipasi krisis air bersih, pihaknya siap mendistribusikan jika ada permintaan. Meski demikian, masyarakat tetap diminta untuk bijak menggunakan air bersih. 

“Kita juga antisipasi kerisis air bersih. Itu sudah menjadi agenda rutin,” tutup Kapolres.(KA-04)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini