Satgas Pamtas Yonif 742/SWY Serahkan 5 Tandon Air Untuk Air Bersih

Sebarkan:

Belu NTT, KA.

Komandan Satgas pengamanan perbatasan Republik Indonesia dengan Republik Demokratik Timor Leste Sektor Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro melalui Pasiter Kapten Inf Ali Murtono menyerahkan bantuan lima unit tandon (penampung) air bersih kepada masyarakat Desa Silawan Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur, Jumat (16/4/2021).

Penyerahan bantuan tandon air dengan kapasitas 1200 liter diterima Kades Silawan Fernandus Kali dan langsung disalurkan kepada Kepala Dusun Halibada Yohanes E. Ulu 1 buah untuk dipasang di lokasi yang dekat dengan sumber air.

Terkait dengan itu, Dansatgas Sektor Timur menceritakan bahwa sebelumnya pernah berkunjung ke Desa Silawan dan dalam dialog singkat dengan Kades maupun tokoh masyarakat setempat membutuhkan alat penampung air untuk menampung air bersih bagi masyarakat setempat.

"Alhamdulillah baru hari ini bisa kami bantu lima buah tandon air sebagai penampung air, semoga bermanfaat bagi masyarakat," ungkapnya.

Diakuinya, kebutuhan air bersih menjadi hal utama bagi kelangsungan hidup manusia dan pada saat melakukan kunjungan ke beberapa pos, rata-rata masyarakat mengeluhkan kesulitan air bersih karena minimnya sumber air yang ada di wilayah perbatasan.

"Ini menjadi PR dan tugas kita bersama untuk membantu memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat," ujarnya.

Salah satu upaya yang harus dilakukan, lanjut Bayu Sigit, melakukan reboisasi hutan dan lahan dengan berbagai jenis pohon yang manfaatnya dapat dirasakan dan dinikmati oleh anak cucu kedepan.

"Memang ini tidak bisa langsung kita nikmati, namun dengan banyaknya pohon besar yang tumbuh, sedikit tidak mampu menahan dan menampung air sehingga akan muncul sumber mata air untuk anak cucu kita kedepan," jelasnya.

Sedangkan Kades Silawan Fernandus Kali mengucapkan terimakasih kepada Satgas Pamtas Yonif 742/SWY atas terwujudnya bantuan tandon air bersih untuk masyarakat Desa Silawan.

Rencana sisa tandon air akan dipasang dibeberapa titik yang dekat dengan sumber air sehingga masyarakat Silawan bisa langsung mendapatkan air bersih.

Fernandus Kali juga berharap hubungan yang sudah terjalin dengan baik ini dapat ditingkatkan kedepan karena Satgas Pamtas Yonif 742/SWY sebelumnya sudah dikenal baik oleh masyarakat Silawan.(KA-04)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini