tayang 15/07/2020

Tenun Tradisional dan Peternak Desa Hijrah Dambakan Bantuan Jarot-Mokhlis

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Warga Karang Bima Dusun Beru, Desa Hijrah, Kecamatan Lape, Sumbawa mendambakan perhatian pasangan calon bupati dan wakil bupati Ir. H. Syarafuddin Jarot, MP-Ir. H, Mokhlis (Jarot-Mokhlis)  untuk meningkatkan taraf hidup mereka.

Maesaroh, warga setempat yang sehari hari menekuni tenun tradisional kepada awak media dikediamannya, Sabtu (21/11/2020), berharap kepada paslon Jarot-Mokhlis agar memperhatikan nasib penenun tradisional seperti dirinya.

Diakuinya, harga bahan seperti benang sangat mahal yakni Rp 650.000 untuk menghasilkan 5 lembar kain, sehingga membutuhkan bantuan modal agar usahanya itu tetap bisa bertahan.  Sebab, untuk membuat satu lembar kain membutuhkan waktu 5 hari kadang lebih, sehingga perputaran uang sangat lambat.

Begitu juga alat tenun, ia bersama penenun lainnya masih menggunakan alat tenun sederhana dan sudah cukup tua karena warisan turun temurun.

“Kalau pak Jarot-Mokhlis terpilih, tolong bantu kami modal dan alat tenun. Kami dapat informasi memang ada bantuan untuk alat tenun dari pemerintah,” ungkapnya. 


Ditemui terpisah, Abdullah, AR, warga lainnya mengatakan, sebagaian besar mata pencaharianya warga setempat adalah sebagai petani penggarap dan buruh tani. 

Bertahun-tahun pekerjaan itu mereka geluti, namun hasilnya belum memadai.

"Lahan garapan semakin terbatas, sementara penduduknya kian bertambah. Apalagi sebagian besar warga disini adalah buruh tani, mana cukup apalagi untuk bisa menyekolahkan anak," ungkapnya.

Melihat kondisi itu, ia bersama sejumlah warga lainnya kini menggeluti peternakan, yakni beternak kambing. Hasilnya cukup lumayan, selain untuk kebutuhan sehari hari juga bisa untuk menyekolahkan anak.

"Saya sudah memiliki 5 ekor kambing, tahun depan kemungkinan akan bertambah menjadi 10 ekor," cetusnya.

Ia berharap bantuan pemerintah untuk membantu masyarakat dalam hal tekhnis pemeliharaan, kandang pemeliharaan maupun bibit unggul. Sehingga ternak yang dihasilkan mempunyai nilai jual tinggi.

"Kami berharap pak Jarot-Mokhlis jika terpilih nanti dapat merealisasikan harapan masyarakat. Apalagi, beliau berdua punya program dan komitmen untuk membangun pertanian dan peternakan," pungkasnya.(KA-01)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini